Beranda News Pemilu 2019 Awasi Akun Penyebar Hoax, Polres Tuba Siapkan Tim Patroli Cyber

Awasi Akun Penyebar Hoax, Polres Tuba Siapkan Tim Patroli Cyber

426
BERBAGI
Kapolres Tulangbawang, AKBP Syaiful Wahyudi yang menjadi pemateri diskusi interaktif berikan keterangan bentuk Tim Patroli Cyber kawal Pemilu 2019.
Kapolres Tulangbawang, AKBP Syaiful Wahyudi yang menjadi pemateri diskusi interaktif berikan keterangan bentuk Tim Patroli Cyber kawal Pemilu 2019.

Zainal Asikin I Teraslampung.com

TULANGBAWANG — Kapolres Tulangbawang, AKBP Syaiful Wahyudi, mengatakan untuk mengawal jalannya Pemilihan umum (Pemilu) Pilpres dan Pileg yang rencananya akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang, pihaknya telah menyiapkan Tim Patroli Cyber.

“Tim tersebut, nantinya akan bekerja secara khusus mencari dan mengamati akun-akun yang menyebarkan berita hoax dan black campaign di media sosial,” kata AKBP Syaiful Wahyudi pada diskusi interaktif dengan mengusung tema “Mewujudkan Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sejuk”, di Aula Hotel Sarbini Jalan Lintas Timur (Jalintim), Kelurahan Menggala Selatan, Rabu (6/3/2019).

Diskusi interaktif Pemilu tersebut, diikuti oleh KPUD Tulangbawang, Bawaslu, Forkopimda, Parpol, peserta Pemilu, Tokoh masyarakat dan stakeholder terkait lainnya.

“Jadi akun-akun media sosial yang menyebarkan berita hoax, pastinya akan dilakukan tindakan. Tim Cyber ini yang nantinya tugasnya mencari dan mengawasi akun tersebut,”ujarnya.

Selain itu, kata mantan Kapolres Peswaran ini, untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan Pemilu dalam waktu dekat ini pihaknya telah menyiapkan 483 personel dari Polres Tulangbawang dan jajaran Polsek,serta dukungan personel sebanyak 35 orangdari  Polda Lampung.

“Ada juga dukungan personel dari TNI. Para personel tersebut nantinya akan bertugas mengamankan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan ditempatkan berdasarkan kerawanan lokasi,”ungkapnya.

Pada Pilpres dan Pileg 2019, jumlah TPS di Kabupaten Tulangbawang sebanyak 1.216 TPS. Sedangkan untuk di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat 797 TPS.

Polres Tulangbawang menilai ada 1.209 TPS dengan kriteria kurang rawan, 5 TPS kriteria rawan,  dan 2 TPS kriteria sangat rawan.

“Yang jelas, semuanya memakai pola pengamanan dengan kriteria kurang rawan,”terangnya.