Beranda News Lampung Badai Siklon Tropis Dahlia, Penyeberangan Merak-Bakauheni Ditutup Sementara

Badai Siklon Tropis Dahlia, Penyeberangan Merak-Bakauheni Ditutup Sementara

1360
BERBAGI
Ombak di sekitar Pelabuhan Bakauheni,Kamis petang,30 November 2017. (Foto: Dede Hidayat)

TERASLAMPUNG.COM—Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Provinsi Banten mengeluarkan Surat Edaran tentang Penundaan Keberangkatan Kapal dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya dikarenakan cuaca buruk.

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten , Kasie Keselamatan Berlayar Djoko Trimuliono tertanggal 30 November 2017 menyebutkan berdasarkan hasil rapat dari instansi terkait di lingkungan kerja Pelabuhan penyebrangan Merak, Banten, bahwa untuk kepentingan keselamatan pelayaraan bagi kapal-kapal yang beroperasi di penyeberangan Merak untuk sementara waktu.

“Hal itu mengingat kondisi cuaca ekstrem di wilayah perairan penyebrangan Merak – Bakauheni yang membahayakan penyeberangan. Keberangkatan kapal-kapal ditunda untuk sementara waktu,” katanya, Kamis malam (30/11/2017).

BACA: Badai Tropis Dahlia di Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

Hal yang sama juga terjadi di Lampung, berdasarkan rapat koordinasi ASDP, GAPASDAP, BPTD, KSOP memutuskan penutupan sementara penyebrangan dari Pelabuhan Bakauheni- Merak terhitung mulai PUKUL 17.15 WIB – 17.45 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan, tinggi gelombang sampai di atas 4 meter dengan kecepatan angin 45 knot.

Menurut prakirawan BMKG Maritim Lampung, Achmad Raflie Pahlevi,meluruhnya siklon tropis Cempaka bersamaan dengan munculnya siklon tropis baru di Selatan Lampung bernama siklon tropis Dahlia.

BACA: Mengenal Lebih Dekat Badai Tropis di Indonesia

“Berdasarkan info terkini, siklon tropis Dahlia bergerak ke Tenggara (atau menjauhi daerah Lampung) dengan kecepatan 13 km/jam. Kecepatan maksimum dipusat siklon tropis dapat mencapai 85 km/jam dengan tekanan minimum mencapai 989 mb,”kata Achmad Raflie Pahlevi, Kamis (30/11/2017).

Achmad Raflie Pahlevi mengatakan, meskipun bergerak menjauh, siklon tropis Dahlia tetap berdampak pada cuaca di Wilayah Lampung.

“Berdasarkan  pantauan BMKG, siklon tropis Dahlia menyebabkan kecepatan angin dan gelombang yang tinggi di Wilayah Lampung. Di wilayah Penyebarangan Merak – Bakauheni terpantau kecepatan angin mencapai 70 km/jam dengan tinggi gelombang mencapai 5 meter,” katanya.

BACA: Warga Lampung Diimbau Waspadai Siklon Tropis Dahlia

Kondisi ini menyebabkan penyebeangan Merak – Bakauheni ditutup untuk sementara.

Gelombang, angin, dan cuaca yang ekstrem akan terus berlangsung hingga tiga hari mendatang.

“Untuk itu warga dihimbau untuk waspada terhadap segala potensi cuaca ekstrim dan menhingdari untuk melakukan penyeberangan,” katanya.

Loading...