Beranda News Nusantara Badai Tropis Dahlia di Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

Badai Tropis Dahlia di Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

228
BERBAGI
Ilustrasi hujan lebat (okezone)

TERASLAMPUNG.COM — Angin kencang sebagai dampak badai Siklok Tropis Dahlia mulai dirasakan warga Bandung Raya — Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi– pada Kamis, 30 November 2017. Hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Pohon-pohon yang tumbang antara lain terjadi di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, pohon tumbang itu berada di Desa Cikole, Desa Gudang, Desa Pagerwangi, Desa Cibodas, Desa Lembang, Desa Cikahuripan, dan Desa Kayuambon.

Berdasarkan pantauan alat pencatat kecepatan angin di Stasiun Geofisika Bandung, kecepatan angin berembus mencapai 18 kilometer per jam pada 30 November 2017 pukul 07.00 WIB.

Sementara pada pukul 08.00 WIB, kecepatan angin meningkat 52 kilometer/jam, sama halnya pada pukul 09.00 WIB mencapai 49 kilometer/jam.

Pada pukul 10.00 WIB, terjadi penurunan kecepatan angin menjadi 39,6 kilometer/jam. Sama halnya pada pukul 11.00 WIB 36 kilometer/jam dan pukul 12.00 WIB 39,6 kilometer/jam.

Prakirawan BMKG Stasiun Bandung, M Iid Mujtahiddin, mengatakan jika dilihat dari faktor regional, pemicu angin kencang disertai hujan ringan ini karena adanya siklon tropis atau badai Dahlia di sebelah barat daya Jawa Barat.

Siklon tropis ini awal mulanya terbentuk di sebelah barat daya Bengkulu dan terus bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

“Diprakirakan sampai 3 Desember 2017, badai Dahlia masih aktif dan menjauhi wilayah Indonesia,”kata  Iid dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Iid Mujtahiddin, dampak siklon tropis Dahlia dari perkiraan terakhir otoritasnya tersebut, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat. Sementara angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 Knot akan terjadi, sehingga perlu diwaspadai terhadap bahaya pohon tumbang, bangunan atau objek seperti reklame, baliho, dan sebagainya roboh.

M Iid Mujtahiddin mengatakan  tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat dapat mencapai 6 atau 7 meter, sehingga  nelayan atau masyarakat yang hendak berwisata pantai di pesisir selatan agar selalu memantau informasi yang disampaikan oleh BMKG.

Sementara itu, Badai Siklon Tropis Dahlia yang menerpa wilayah Lampung menyebabkan ketinggian gelombang di perairan Selat Sunda mencapai 4 hingga 5 meter dengan kecepakat angin 45 knot.

 

Loading...