Beranda Ekbis Keuangan Bagaimana Cryptocurrency Dapat Membantu di Saat Krisis

Bagaimana Cryptocurrency Dapat Membantu di Saat Krisis

331
BERBAGI
Mata uang kripto (Foto: Pixabay)

TERASLAMPUNG.COM — Cryptocurrency atau mata uang kripto telah banyak membantu beragam kalangan di seluruh dunia menghadapi krisis, baik keuangan maupun lainnya. Terlebih ketika yang terjadi adalah krisis keuangan, salah satu bentuk krisis ekonomi yang berdampak sangat luas bagi masyarakat umum. 

Pemerintahan di banyak negara mengalami kesulitan ekonomi dan tak sedikit yang mengalami penurunan nilai mata uang. Negara tertentu bahkan ada yang mengalami depresiasi mata uang sebesar lebih dari 40% hanya dalam kurun waktu 8 bulan di tahun 2018. Kondisi ini tentunya sangat buruk, mengingat besaran pelemahan nilai mata uang juga berarti penurunan daya beli negara tersebut. 

Sebuah negara yang mengalami depresiasi nilai mata uang sebesar 30%, misalnya, berarti juga kehilangan 30% daya belinya sebelum fenomena tersebut terjadi serta pemotongan pendapatan dengan besaran serupa bagi para warga negaranya. 

Bagaimana sebenarnya krisis merugikan orang-orang?

Aspek terkejam dari sebuah krisis adalah hingga beberapa saat yang lalu, tidak ada solusi untuk keluar dari masalah ini, setidaknya bagi sebagian besar kalangan. Hanya mereka yang kaya dan memiliki akses ke mata uang asing atau mereka yang memiliki keistimewaan khusus dapat menyelamatkan diri dari sebuah krisis. Hal ini tentunya tidak berlaku bagi semua kalangan masyarakat, terutama mereka yang berasal dari golongan menengah ke bawah. 

Di dalam masa krisis, masyarakat akan cenderung lebih hati-hati kondisi keuangan mereka karena banyak instrumen investasi mengalami penurunan nilai. Beragam instrumen investasi pun mulai dilirik sebagai solusi. Bahkan jika Anda menggunakan emas, tidak banyak tempat yang menerima instrumen pembayaran ini. Hal yang kurang lebih sama berlaku pada sektor investasi di bidang properti. Meski kerap disebut sebagai instrumen investasi terbaik, namun mau tidak mau nilai jual atau sewa properti terpaksa menurun ketika daya beli masyarakat juga menurun akibat krisis. 

Cara mata uang kripto membantu saat krisis

Untungnya, kemajuan teknologi modern menghadirkan keuntungan bagi kita semua, terutama dalam solusi untuk menyelamatkan diri dan bertahan selama masa krisis. Salah satu solusi yang ditawarkan tersebut adalah mata uang kripto

Berbeda dengan emas, mata uang kripto dapat dibeli dan dijual secara digital. Setiap orang yang memiliki akun bank atau kartu kredit dapat dengan leluasa membeli mata uang kripto, mulai dari bitcoin, ethereum, rubius, dan beragam jenis mata uang kripto lainnya. 

Tak hanya itu, mata uang kripto menyajikan perlindungan dari fenomena seperti krisis mata uang. Hal ini dikarenakan hingga saat ini mata uang kripto bersifat mata uang alternatif. Hanya sedikit mata uang kripto yang telah disetujui oleh pemerintah saat ini sehingga nilainya umumnya ditentukan oleh perkembangan pasar. 

Akibatnya, setiap orang dapat melindungi uang yang mereka miliki dari krisis mata uang maupun ekonomi secara umum dengan satu langkah sederhana. Anda hanya perlu mengonversi uang yang Anda miliki ke mata uang kripto yang beredar di pasaran saat ini. Namun, memang masih ada kekurangan yang dimiliki sistem ini. Saat ini, transaksi menggunakan mata uang kripto belum semudah mata uang konvensional. Meski demikian, hal ini berangsur-angsur diselesaikan dengan semakin banyaknya tempat yang memungkinkan transaksi semacam ini. Beberapa negara dan provinsi di dunia bahkan memungkinkan warganya untuk membayar pajak menggunakan mata uang kripto. 

Dengan kata lain, solusi yang ditawarkan oleh mata uang kripto sebenarnya terletak pada penggunaannya yang masih bersifat secara alternatif hingga saat ini. Berbeda dengan mata uang konvensional, mata uang kripto masih belum terdampak aktivitas konsumsi masyarakat yang biasanya menyebabkan baik apresiasi maupun depresiasi mata uang. Pergerakan pasar global, regional, maupun naisonallah yang kemudian menentukan nilai dari mata uang kripto. 

Selain itu, ketiadaan dampak inflasi dan deflasi terhadap mata uang ini menjadikannya relatif aman jika dibandingkan dengan mata uang konvensional. Hal inilah yang kemudian menjadikan banyak orang mempertimbangkan mata uang ini sebagai solusi dalam menghadapi krisis. Mata uang kripto dianggap setidaknya lebih aman dari berbagai aspek keuangan.