Bagir Manan: Tantangan Pers Makin Berat

  • Bagikan

BUKITTINGGI, Teraslampung.com–Ketua Dewan Pers Bagin Manan menegaskan, tantangan pers di Indonesaia pada masa depan semakin berat. Salah satu tantangan besar tersebut adalah banyaknya penyalahgunaaan profesi oleh kalangan pers itu sendiri. Menurut Bagir, hal itu terjadi karena berubahnya orientasi pers  seiring dengan bergulirnya era  teformasi.

“Pers paling depan menikmati era reformasi, dengan memutus semua belenggu yang selama era Orde Baru dialaminya. Bersamaan dengan hal itu, berkembang bisnis pers yang sangat dahsyat. Usaha penerbitan pers tidak lagi semata-mata didasari oleh perjuangan politik atau idealisme, tetapi juga untuk kepentingan bisnis.” kata Bagir Manan, saat memberikan sambutan pada acara Kongres  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Bukittinggi, Kamis (27/7).

Menurut Bagir, ketika pelaku bisnis pers hanya mementingkan bisnis dan mengabaikan  kualitas produk jurnalistik, maka  masalah akan menjadi runyam. “Sebab hak-hak publik diabaikan. Pers semata-mata melayani kepentingan bisnis. Lebih parah lagi jika pemilik modal memakai perusahaan persnya untuk kepentingan politik tertentu,” kata Bagir.

Bagir mengatakan,pers termasuk paling menikmati era reformasi, dengan memutus semua belenggu yang selama era Orde Baru dialaminya. Bersamaan dengan hal itu, berkembang bisnis pers yang sangat dahsyat. Usaha penerbitan pers tidak lagi semata-mata didasari oleh perjuangan politik atau idealisme, tetapi juga untuk kepentingan bisnis.

Bagir berharap, tamtangan pers itu bisa  diatasi oleh kalangan pees itu sendiri. Terutama  orang-orang pers dan asosiasi pekerja pers yang masih ingin menegakkan pronsip-prinsip dasar jurnalistik.

“Kita masih punya harapan besar pees bisa menjadi for e the state. Fungsi politik pers adalah  menjaga agar sistem politik dengan baik dan bertanggung jawab. Dalam kegaduhan politik, pers seharusnya tidak mengambil bagian, tetapi menjadi pemberi solusi agar rakyat bisa keluar dari kegaduhan politik yang sedang terjadi,” katanya.

  • Bagikan