Beranda Hukum Balai Karantina dan KSKP Panjang Musnahkan Tiga Ton Daging Celeng

Balai Karantina dan KSKP Panjang Musnahkan Tiga Ton Daging Celeng

311
BERBAGI
Pemusnahan 3 ton daging celeng hasil sitaan KSKP Panjang.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Bandarlampung bersama Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Panjang, memusnahkan tiga ton daging celeng (babi hutan) ilegal hasil sitaan beberapa hari lalu.

Pemusnahan dilakukan di areal milik kantor Balai Karantina Pertanian di Jalan Trans Sumatera KM 19, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Rabu (15/3/2017) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kepala BKP Kelas I Bandarlampung, drh. Bambang Erman mengatakan, tiga ton daging celeng (babi hutan)yang dimusnahkan, merupakan hasil tangkapan petugas Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Panjang, Kamis (9/3/2017) pagi lalu.

“Daging celeng tersebut, berasal dari Jambi dan rencananya akan dikirim ke daerah Jakarta melalui jalur tol laut Pelabuhan Panjang menuju Tanjung Priok,”ujarnya, Rabu (15/3/2017).

BACA: Mapas! Tiga Ton Daging Celeng Gagal Diselendupkan Lewat Pelabuhan Panjang

Dikatakannya, pemusnahan tersebut dilakukan, untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan dari daging celeng tersebut. Karena mengingat, daging celeng tersebut sudah tersimpan beberapa waktu lamanya.

“Kita musnahkan daging celeng ini, karena tidak dilengkapi dokumen apapun. Pengirimannya juga, tidak sesuai ketentuan,”ungkapnya.

Menurtunya, pelaku melanggar Pasal 31 ayat (1) jo Pasal 6 huruf (a) dan (c) UU No. 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

Pemusnahan tiga ton daging celeng tersebut, dilakukan dengan cara dibakar di dalam lubang khusus.

Dalam pemusnahan tersebut, dihadiri juga Ditreskrimsus Polda Lampung, kejaksaan, Dinas Perkebunan dan Pertanian Lampung, Dinas Pertanian dan Peternakan Bandarlampung, Balai Viteriner Lampung, Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Panjang, Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Bandarlampung dan PT. Pelindo II Pelabuhan Panjang.

BACA JUGA: Dalam Tiga Bulan Dua Pria Ini Selundupkan 15 Ton Daging Celeng ke Jakarta