Bandara Hang Nadim Siapkan Alat Deteksi Covid-19 Tercepat di Dunia

  • Bagikan
Alat pendeteksi Covid-19 produk Abbott. Foto: Abbott

TERASLAMPUNG.COM, BATAM — Menyambut penerbangan internasional di Bandara Hang Nadim yang akan dilaksanakan, Managemen Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim telah menyiapkan 15 perangkat ID Now, untuk memeriksa polymerase chain reaction (PCR) calon penumpang. ID Now diklaim sebagai alat tercepat memeriksa PCR dibandingkan pemeriksaan berbasis laboratorium.

General Manager (GM) BUBU Hang Nadim Bambang Soepriono, Kamis (11/11/2021) mengatakan, setelah pemerintah pusat menetapkan Bandara Hang Nadim sebagai salah satu entry point penerbangan internasional pihaknya telah menyiapkan sejumlah hal terkait kebijakan tersebut.

“Kami sudah siap untuk menerima kedatangan penerbangan internasional,” kata Bambang.

Menurut Bambang, persiapan paling utama dan penting ialah dalam hal mendeteksi virus corona terhadap para Wisman.

“Jadi kita minta bantuan RSBP (Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam) untuk menyediakan alat test PCR, Namanya ID Now, yang hasilnya dapat diketahui dalam waktu sekitar 1 jam,” kata Bambang.

Menurut Bambang, perangkat ID Now yang disiapkan sekitar 15 unit dan tergantung pada kondisi dilapangan, jika terjadi lonjakan penumpang internasional maka alat tersebut dapat ditambah.  ID Now merupakan perangkat yang disiapkan oleh mitra RSBP Batam yang diajak kerjasama dalam mendeteksi layanan test PCR di Bandara.

“Kami minta bantuan kerjasama dengan RSBP Batam karena sama-sama dibawah BP Batam, kemudian RSBP bekerjasama dengan sabuah Laboratorium,” kata Bambang.

Namun Bambang menegaskan, sebagai penyedia fasilitas penerbangan, pihaknya tidak mengetahui kapan implementasi dibuka penerbangan internasional tersebut. Pada masa sebelum pandemic, di Bandara Hang Nadim Batam hanya ada satu slot penerbangan Internasional yang melayani rute Batam – Subang (Kuala Lumpur) yang dilayani oleh operator Malindo Air, satu group dengan Lion Air) dengan jadwal 6 kali dalam satu minggu.

“Kita tidak tahu kapan dimulai, tetapi intinya kita sudah siap. Simulasi juga sudah kami lakukan awal bulan lalu,” kata Bambang.

Sementara itu berdasarkan informasi yang didapat www.terasbatam.id tentang perangkat ID NOW Abbott Point of Care Test PCR Mobile sebagai berikut:

Platform ID NOW Abbott menyediakan deteksi point of care molekuler tercepat untuk virus corona, memberikan hasil kurang lebih 13 menit, dalam berbagai keadaan dan kondisi perawatan kesehatan. Sebagai tes yang hanya boleh digunakan oleh tenaga kesehatan profesional atau operator terlatih, tes ID NOW Covid-19 menggunakan nasofaring atau usap tenggorokan (sampel) dan harus digunakan di dekat pasien. Swab harus ditempatkan langsung ke dalam instrumen, di mana alat ini memberikan hasil yang cepat dan dapat diandalkan bila dibandingkan dengan instrumen polymerase chain reaction (PCR) berbasis laboratorium. Seukuran dengan pemanggang roti kecil, platform ID NOW ini kecil, ringan (2,9 kg) dan portabel.

Platform ini menggunakan teknologi molekuler, yang disenangi oleh dokter dan komunitas ilmiah karena tingkat akurasinya yang tinggi. Instrumen ID NOW mendeteksi keberadaan virus aktif SARS-CoV-2 dengan memperkuat struktur genomik (RNA) virus hingga ratusan juta kali. Hasil positif berarti seseorang memiliki infeksi Covid-19 aktif dan cenderung menular serta berisiko menularkan virus ke orang lain.

Dengan mendeteksi hasil positif dengan cepat di tempat yang nyaman di mana seseorang datang menerima perawatan, penyedia layanan kesehatan dapat segera merekomendasikan perawatan atau pengobatan terbaik dan mereka yang terinfeksi dapat melakukan karantina mandiri untuk mengurangi penyebaran lebih lanjut.

TERASBATAM.ID

  • Bagikan