Beranda News Bandarlampung Bandarlampung Terima Bantuan Rp12,6 Miliar dari IDB untuk Bangun Sanitasi

Bandarlampung Terima Bantuan Rp12,6 Miliar dari IDB untuk Bangun Sanitasi

188
BERBAGI
Asisten 2 Pemkot Bandarlampung Pola Pardede

TERASLAMPUNG.COM — Kota Bandarlampung mendapat bantuan Rp12,6 miliar dari Islamic Development Bank (IDB) untuk pembangunan sanitasi berbasis masyarakat di 30 lokasi.

Asisten 2 Pemkot Bandarlampung Pola Pardede menjelaskan pembangunan sanitasi itu dikerjakan oleh masyarakat melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) bersama lurah sumber dananya dari IDB itu merupakan hutang pemerintah pusat.

Karena dana yang akan dikelola oleh LKM cukup besar, Pola Pardede perlu mengingatkan pengerjaannya harus baik dan tepat waktu sebab program sanitasi itu nantinya akan diperiksa BPK.

“Sebelum pengerjaan sanitasi dana turun 40 persen rekening masyarakat, makanya saya pesan agar berhati – hati sebab nantinya BPK akan memeriksa, kemudian saya juga meminta pengerjaan harus bagus dan tepat waktu,” jelas Pola Pardede usai membuka sosialisasi program sanitasi berbasis masyarakat bantuan Islamic Development Bank (Sanimas IDB) 2018 di ruang tapis berseri Selasa (7/8).

Sementara itu Kepala Dinas PU Bandarlampung Iwan Gunawan menjelaskan pada tahun 2018 ini kota Bandarlampung mendapat bantuan sanitasi di 30 lokasi antara lain di Garuntang, Pinang Jaya, Way Gubag, Ketapang, Langkapura dan Tanjunggading.

“Tiap lokasi mendapat dana Rp. 420 juta untuk pembangunan sanitasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama untuk masyarakat belum mampu,” kata Iwan Gunawan.

Lebih lanjut dia mengatakan pada tahun 2016 Bandarlampung mendapat bantuan untuk program sanitasi berbasis masyarakat sebanyak 15 lokasi, tahun 2017 9 lokasi dan tahun ini 30 lokasi.

“Program sanitasi berbasis masyarakat tahun 2016 dan 2017 saat ini sudah beroperasi dan masuk tahapan pemeliharaan,” ujar Iwan Gunawan.

Dandy Ibrahim

Loading...