Bangkitkan Masa Kejayaan Tanaman Kelapa di Lampung Selatan

Bagikan/Suka/Tweet:

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Buah kelapa muda yang dijual pedagang di lokasi objek wisata air panas Way Belerang, Kalianda, Lampung Selatan.

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perkelapaan Sedunia (HPS) Tahun 2015, di Lokasi Wisata Kuliner, PPI Dermaga Bom Kalianda, pada 18 Nopember mendatang.

Dilaksanakannya kegiatan rutin tahun Pemkab Lamsel ini, sebagai wujud komitmen dalam mengembangkan dan membangkitkan nilai komoditas kelapa di kabupaten serambi pulau sumatera.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Lamsel Zailani Bura menuturkan, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memeriahkan hari perkelapaan sedunia itu di antaranya melakukan penanaman bibit kelapa, lomba memilih kelapa puan, serta seminar tentang perkelapaan.

“Dalam acara itu juga akan dibagikan secara langsung bibit kelapa baik kelapa dalam maupun kelapa puan kepada para petani kelapa yang ada di wilayah Lampung Selatan. Itu dilakukan guna melestarikan dan mengembalikan nilai komoditas kelapa yang merupakan kejayaan masyarakat Lampung Selatan pada tempo dulu,” ujar Zailani, kepada Teraslampung.com, di ruang kerjanya, Selasa (3/11).

Dia berharap, momen ini (Hari Perkelapaan, red), dapat menjadi kebangkitan para petani kelapa di Lampung Selatan untuk dimasa mendatang.

“Dulunya Lampung Selatan ini jaya dengan tanaman kelapa-nya. Oleh karena itu, dengan adanya hari perkelapaan sedunia ini, bisa membangkitkan kembali masa-masa kejayaan dulu, dengan mengajak para petani untuk kembali menanam tanaman kelapa,” harapnya.

“Di acara itu juga para petani akan dibekali ilmu pengetahuan dan berbagai informasi tentang perkelapaan, melalui seminar yang akan mendatangkan narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB), serta dari komunitas perkelapaan indonesia (KPI),” katanya.