Beranda News Kesehatan Bangun Jejaring, OPSI-AIC Gelar Pertemuan dengan Para Awak Media

Bangun Jejaring, OPSI-AIC Gelar Pertemuan dengan Para Awak Media

74
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM – Organisasi Perubahan Sosial Indoneisa (OPSI) bekerjasma dengan Indonesia AIDS Coalision (AIC) melakukan pertemuan dengan awak media yang bertujuan membangun jejaring, di Bandarlampung, Kamis 8 Agustus 2019.

“Pertemuan ini bertujuan membangun jejaring antara populasi kunci maupun lembaga komunitas populasi kunci dengan berbagai media cetak maupun elektronik dan online.”

“Populasi kunci itu, orang-orang yang memiliki resiko tinggi terhadap tertular dan menularkan HIV seperti pekerja seks, LGBT dan pecandu narkoba suntik,” jelas Mumu Fokal Point OPSI Lampung di sekertariat Comunity Base Centre (CBC) di kawasan Gotong Royong.

Selain itu, dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan juga mengubah stigma buruk bagi orang-orang yang terinfeksi HIV dengan pemberitaan yang benar.

“Kami juga membahas dampak stigma dan diskriminasi pemberitaan terhadap komunitas populasi kunci, bukan hanya di sini kegiatan yang sama dilaksanakan di Sorong dan Jayapura.”

“Harapan kami setelah teman-teman mendapat informasi dari kami bisa memberitakan tanpa mendriskriminasi dan membuat image buruk bagi teman-teman yang terinveksi HIV,” harapnya.

Dalam pertemuan tersebut terungkap, salah seorang aktivis penanggulangan HIV Jaka dari Saburai Support Group Lampung (SSG) yang baru saja mendampingi dua orang yang positif terinveksi HIV di Lampung.

“Tugas saya mendampingi, mendukung, memberikan imformasi dimana tempat layanan perawatan dukungan pengobatan (PDP), sementara ini mereka di Bandarlampung.”

Sebagai aktivis yang sehari-hari mendampingi orang dengan infeksi Aids (ODHIS) dia mengaku khawatir jika Global Found (GF) menghentikan bantuan untuk pengobatan HIV.

“Sedikitnya mereka (orang yang terinfeksi HIV) harus mengeluarkan uang Rp1juta untuk obat agar virusnya tidak terus berkembang biak. Nah kalo GF berhenti sementara anggaran dari pemerintah minim kasihan mereka,” ungkapnya.

Pertemuan dengan awak media atau Establishment Networking with Media itu dihadiri lembaga-lembaga yang peduli terhadap sebaran virus HIV seperti Saburai Support Group Lampung (SSG), PKBI Lampung, Gaya Lentera Muda Lampung (Gaylam), Jaringan Indonesia Positif (JiP), Jaringan ODHA Berdaya (JOB), Komunitas Anak Positip Indonesia (Komapi).

Loading...