Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Bangun Sekolah Kopi, Bupati Parosil Tegaskan Komitmen Majukan Kopi Indonesia

Bangun Sekolah Kopi, Bupati Parosil Tegaskan Komitmen Majukan Kopi Indonesia

255
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —  Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Kopi di  Pekon (Desa) Suka Jaya, Lampung Barat, Selasa (9/7/2019).

Parosil mengatakan, sekolah tersebut nantinya akan menjadi pusat workshop tentang kopi sekaligus wujud komitmennya untuk memajukan kopi Indonesia, khususnya kopi Lampung.

“Dengan adanya Sekolah Kopi, semoga nanti bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup petani maupun pegiat ekonomi kreatif yang berkaitan dengan produk – produk kopi. Hal ini selaras dengan visi Pemkab Lampung Barat untuk ewujudkan Lampung Barat hebat dan sejahtera,” kata Parosil.

Menurut Parosil, kopi adalah produk unggulan Lampung Barat. Sebab itu, dalam membangun Lampung Barat ia berorientasi pada agrobisnis dan agrowisata berbasis sumberdaya lokal, yaitu kopi robusta.

“Sekolah Kopi ini juga diharapkan menjadi salah satu wahana untuk mempromosikan keunggulan kopi lampung barat dan produk – produk turunannya. Saya sangat yyakin kelak keberhasilan pendidikan melalui sekolah kopi ini akan memicu tumbuhnya kegiatan ekonomi kreatif berbasis kopi,” katanya.

Parosil mengatakan, agar petani kopi dan pelaku ekonomi meningkatkan pendaatan maka tidak boleh  hanya fokus pada kopi biji.

“Kita tidak boleh hanya terpaku pada budidaya dan pengolahan kopi sampai dengan bahan setengah jadi, tetapi harus sampai pada bahan jadi yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Berbagai bentuk ekonomi kreatif itu pula yang akan turut membuka lapangan kerja baru dan menggerakkan roda perekonomian daerah,” kata dia.

Menurut Parosil, saat ini minum kopi tidak lagi identik dengan orang tua, tetapi sudah menjadi gaya hidup anak muda. Sebab itu, Parosil mengajak generasi milenal di Lampung Barat bisa menangkap peluang ini dengan baik.

“Kopi kini sudah menjadi gaya hidup sehingga banyak orang yang tertarik dengan dunia kopi, berbicara tentang generasi muda tentunya ini menjadi peluang bagi Lampung Barat untuk menggiatkan mereka menciptakan ide-ide kreatif ke depannya sehingga ekonomi masyarakat Lambar dapat benar benar terbantu,” tandasnya.

Loading...