Beranda News Nusantara Banjir Jabodetabek: Air Surut, Jumlah Pengungsi di Bogor Meningkat

Banjir Jabodetabek: Air Surut, Jumlah Pengungsi di Bogor Meningkat

161
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —  Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, pada Kamis, 9 Januari 2020 pukul 06.00 WIB, genangan air akibat banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok. Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sudah tidak terlihat.

“Namun, pada hari ini terjadi peningkatan jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor yang semula 12.961 orang menjadi 14.000 orang dan Jakarta Timur 64 orang menjadi 65 orang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, Kamis, 9 Januari 2020.

Berbeda di Jakarta Barat, jumlah pengungsi mengalami penurunan yang semula 602 orang menjadi 484 orang.

“Masyarakat diimbau untuk selalu siap siaga dengan memantau informasi peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan BNPB serta mempersiapkan rencana darurat keluarga maupun komunitas dengan rencana jalur evakuasi dan titik kumpul pengungsian untuk mengantisipasi potensi bahaya yang terjadi karena curah hujan tinggi,” kata Agus.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam hal pengendalian banjir dan bencana alam, utamanya di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya. Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota harus bersinergi untuk mengutamakan keselamatan masyarakat.

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaDelapan Kecamatan di Grobogan Terdampak Banjir, 1 Meninggal
Artikel berikutnya12 Titik di Banjarnegara Jawa Tengah Tertimbun Longsor
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya