Beranda Ekbis Bisnis Banser Husada Lampung Kembangkan Budidaya Lebah Madu

Banser Husada Lampung Kembangkan Budidaya Lebah Madu

586
BERBAGI
Budidaya lebah madu (dok.watonsinau.work)

TERASLAMPUNG.COM — Satuan Khusus Banser Husada (Basada) Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Lampung mengembangkan budidaya lebah madu sebagai langkah mendorong kemandirian ekonomi kader.

“Targetnya 100 kotak budidaya . Saat ini baru terealisasi 50 persen. Atau 50 kotak lebah. Lokasi pengembangan atau budidaya lebah berada di Kampung Kota Way, Kecamatan Kasui, Kabupaten, Waykanan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Satuan Khusus Basada Lampung, Gatot Arifianto, di Bandar Lampung, Kamis (28/11).

Dakwah kebangsaan berikut gerakan sosial Basada Lampung dengan Aji Tapak Sesontengan (ATS), lanjutnya, sudah bisa berjalan mandiri tanpa perlu pendampingan khusus lagi. Karena itu, hal yang perlu dilakukan kedepan ialah membangun gerakan ekonomi.

“Lebah dibudidayakan berjenis apis cerana. Dalam setahun empat kali panen,” ujar dia lagi.

Gatot melanjutkan, biaya pembuatan kotak madu variatif. Dengan kayu bagus kisaran Rp300 ribu, ukuran 40cm x lebar 30cm x tinggi 20cm dengan 8 sekat untuk stup madu. Masih kosong tanpa koloni lebah.

Selain bermanfaat bagi kecantikan. Madu juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker dan menyehatkan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, menurunkan kolesterol dan berat badan.

Rasulullah SAW juga menganjurkan penggunaan madu sebagai obat. Sehingga pas jika Basada menekuni kegiatan ekonomi di sektor ini.

“Peluang dan potensi harus diambil dan dikelola. Banser harus takut tidak mandiri, takut tidak kreatif. Pesan Ketua PW Ansor Lampung, sahabat Hidir Ibrahim, ada kemaun pasti ada jalan,” kata dia lagi.

Kader Banser Husada Kasui, Nasib Irawanto membenarkan dukungan nyata budidaya lebah oleh Satsuswil Basada Lampung. “Benar. Sudah 50 persen terealisasi. Ide awal ini supaya kader Banser punya pandangan wirausaha. Jadi tidak hanya nunggu ada lowongan kerjaan ini itu. Banser bisa mandiri,” kata dia.

Loading...