Bantu Pasien, Smarter Health Luncurkan Layanan Pendapat Medis Kedua

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Smarter Health, platform penyedia konten kesehatan terkemuka yang memberdayakan pasien dengan informasi kesehatan kelas dunia, dan menghubungkan pasien ke perawatan spesialis berkualitas di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran layanan Pendapat Medis Kedua (Second Medical Opinion).

Layanan ini memungkinkan pasien Indonesia untuk mendapatkan tinjauan lengkap tentang kondisi medis mereka dari jaringan kolaboratif dokter spesialis yang dikuratori oleh Smarter Health dengan cermat. Para dokter spesialis ini berasal dari Singapura dan memiliki spesialisasi dan disiplin ilmu medis berbeda-beda. Mereka berpraktik di rumah sakit swasta utama seperti Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, Rumah Sakit Mount Elizabeth, Rumah Sakit Gleneagles, Rumah Sakit Parkway East, Rumah Sakit Farrer Park dan Rumah Sakit Mount Alvernia. Dengan tarif tetap SGD250 (Rp2.660.248), pasien Indonesia akan dijadwalkan untuk sesi telekonsultasi 20 menit dan menerima laporan medis tertulis dari dokter spesialis terpilih dalam 5 hari kerja setelah sesi telekonsultasi.

“Smarter Health sangat bersemangat untuk meluncurkan layanan Pendapat Medis Kedua untuk pasar Indonesia karena layanan tersebut cerminan misi kami menghubungkan pasien dengan perawatan spesialis berkualitas, bahkan di era COVID-19 di mana perjalanan lintas batas tidak memungkinkan,” kata Liaw Yit Ming, Chief Executive Officer Smarter Health.

BACA JUGA:   Bakti Sosial: Yayasan Arrohman Gelar Khitan Massal dan Berobat Gratis

“Kami berkomitmen untuk membuat perawatan kesehatan lebih mudah diakses, terjangkau, dan bertanggung jawab – menawarkan layanan Pendapat Medis Kedua dengan harga tetap dan wajar sebesar SGD250 adalah upaya kami meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan perawatan spesialis berkualitas bagi pasien Indonesia.”

Pasien Indonesia yang ingin menggunakan layanan Pendapat Medis Kedua dapat mengetahui lebih lanjut di Smarter Health: Pendapat Medis Kedua.

Apa itu Pendapat Medis Kedua?

Pendapat medis kedua adalah pendapat dari dokter lain mengenai penyakit dan rencana berobat pasien. Tujuannya untuk memberi evaluasi tambahan agar pasien dapat membuat keputusan yang tepat.

Apa Manfaat Pendapat Medis Kedua untuk Pasien?

1. Memahami diagnosis dan kebutuhan perawatan kesehatan dengan lebih baik

2. Menenangkan pikiran karena ada dokter lain yang memastikan kembali ketepatan diagnosis dan pengobatan
3. Mengevaluasi pilihan pengobatan dengan lebih efektif

Kapan Pasien Membutuhkan Pendapat Medis Kedua?

• Untuk kondisi medis yang serius, kompleks, atau langka.
Sebaiknya mencari Pendapat Medis Kedua jika pasien memiliki kondisi medis kritis seperti kanker, atau menderita kondisi medis yang kompleks atau langka di mana pilihan dan hasil pengobatan mungkin bervariasi.
• Untuk perawatan berisiko tinggi.
Pasien mungkin ingin mempertimbangkan Pendapat Medis Kedua untuk operasi berisiko tinggi atau perawatan yang dapat membuat mereka menghadapi konsekuensi yang parah. Mendiskusikan semua pilihan yang tersedia dengan lebih dari satu dokter spesialis mungkin lebih meyakinkan bagi pasien.
• Untuk semua jenis perawatan dan diagnosis.
Jika pasien ingin memastikan diagnosis mereka dan lebih memahami pilihan perawatan, Smarter Health dapat membantu memberikan ketenangan pikiran.

BACA JUGA:   Sebaiknya Tidak Minum Teh Saat Sahur

Bagaimana Cara Memperoleh Pendapat Medis Kedua lewat Smarter Health?

1. Pasien mengumpulkan semua pencitraan diagnostik dan laporan patologi, serta diagnosis dokter
2. Smarter Health akan memilih dokter spesialis yang paling sesuai dari jaringan dokter spesialis untuk meninjau kasus pasien
3. Pasien melakukan pembayaran yang diperlukan untuk layanan tersebut
4. Laporan medis pasien akan ditinjau oleh dokter spesialis sebelum sesi telekonsultasi
5. Pasien akan menjalani sesi telekonsultasi dengan dokter spesialis terpilih
6. Pasien akan menerima laporan medis tertulis dalam 5 hari kerja

Apa yang Termasuk dalam Laporan Medis Tertulis?

Dokter spesialis Smarter Health akan mengikuti struktur berikut untuk merumuskan laporan tertulis dengan detail yang tepat.
1. Meninjau informasi yang tersedia
2. Memberikan diagnosis sementara
3. Merekomendasikan pilihan pengobatan
4. Merekomendasikan rencana perawatan

  • Bagikan