Bantu Rp2 Triliun untuk Penanganan Covid-19 di Sumsel, Keluarga Akidi Tio Diapresiasi Banyak Pihak

  • Bagikan
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) menyaksikan dokter pribadi keluarga almarhum Akidi Tio (kanan) menyerahkan bantuan sebesar Rp2 triliun dari keluarga besar Akidi Tio kepada Kapolda Sumsel untuk penanganan Covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021).
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) menyaksikan dokter pribadi keluarga almarhum Akidi Tio (kanan) menyerahkan bantuan sebesar Rp2 triliun dari keluarga besar Akidi Tio kepada Kapolda Sumsel untuk penanganan Covid-19 di Sumsel, Senin (26/7/2021).

TERASLAMPUNG.COM — Kedermawanan keluarga almarhum Akidi Tio yang menyumbangkan uang senilai Rp2 triliun kepada Pemprov Sumatera Selatan untuk penanganan pandemi Covid-19 mendapatkan apresiasi banyak kalangan. Banyak pihak yang salut dengan sikap keluarga Akidi Tio yang sangat peduli terhadap sesama agar terbebas dari Covid-19.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang menghadiri penyerahan hibah pribadi dari keluarga Almarhum Akidi Tio Kepada Polda Sumsel yang diwakili Kapolda Irjen Eko Indra Heri S, di Ruang Rekonfu Polda Sumsel, Senin (26/7/2021), sangat berterima kasih kepada keluarga almarhum Akidi Tio.

Menurut Herman Deru, upaya yang dilakukan keluarga almarhum Akidi tersebut layak menjadi contoh bagi masyarakat Sumsel agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Covid-19.

“Kita bangga keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apa lagi jumlah dana yang diberikan sangat besar sekali, yakni Rp2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Herman Deru berharap  apa yang telah dilakukan keluarga almarhum Akidi Tio bisa memberikan motivasi bagi warga Sumsel untuk bersama-sama melawan pandemi Cvovid-19. Dengan harapan aktifitas sosial kembali normal kembali.

Herman Deru menuturkan bantuan dari keluarga Akidi Tio akan disalurkan secara maksimal kepada semua masyarakat Sumsel yang terdampak Covid-19 dalam berbagai bentuk bantuan seperti logistik makanan, peralatan medis obat-obatan, ataupun sarana dan prasarana protokol kesehatan.

BACA JUGA:   Musisi Jalanan Bandarlampung Galang Dana untuk Korban Gempa Sulteng

“Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar dia.

Bagi Provinsi Sumsel, nilai sumbangan keluarga Akidi Tio sangat besar. Hal itu jika dibandingkan dengan total APBD Provinsi Sumsel atau APBD Kota Palembang. Nilai sumbangan keluarga Akidi Tio hampir setengah APBD Kota Palembang dan seperenam APBD Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, bantuan tersebut akan disalurkan untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Sumsel. Menurutnya, amanah tersebut merupakan tanggungjawab yang besar.

“Tanggungjawab kita menyalurkan niat baik keluarga Almarhum Akidi Tio ini agar bisa tersampaikan ke masyarakat. Tentu tetap mematuhi prosedur hukum yang ada,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya turut membuat tim khusus baik dari Polda Sumsel maupun pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel agar proses penyaluran tetap sasaran dan sesuai harapan dari pihak keluarga Almarhum Akidi Tio.

Dokter keluarga almarhum Akidi Tio, sekaligus sebagai perwakilan pihak keluarga, Prof dr Hardi Darmawan,  mengatakan bantuan tersebut merupakan amanah yang diberikan almarhum Akidi Tio dan direalisasikan para anaknya.

“Dia (almarhumah) punya ada 7 orang. Semua anaknya sudah sukses. Mereka memberikan bantuan kepada Polda Sumsel, karena Pak Eko ini sudah kenal dekat dengan almarhum dan keluarga sejak lama,” katanya.

Hardi berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kepentingan warga Sumsel dalam penanganan Covid-19 yang saat ini masih terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA:   Ini Daftar Nama 25 Korban Tewas dalam Kecelakaan Maut di Pagar Alam

“Untuk realisasi sumbangan ini, sepenuhnya kita serahkan kepada pihak Polda Sumsel. Bisa saja untuk kebutuhan vaksinasi, perawatan pasien Covid-19, kebutuhan oksigen dan lain sebagainya,” tegasnya.

Akidi Tio merupakan pengusaha di bidang kointainer asal Aceh Timur. Ia selama ini dikenal sebagai orang kaya yang dermawan. Semua anaknya juga sukses dan mengikuti jejak ayahnya dalam hal membantu sesama.

Kedermawanan tersebut juga diapreasiasi mantan Menteri Kelautan Sri Pudjiastuti.

“Ketulusan berbagi yang luar biasa. Respect & apresiasi untuk Bapak Akidi & keluarga,” tutur Susi seperti dikutip dalam Twitter pribadinya yang telah terverifikasi, @susipudjastuti, Selasa, 27 Juli 2021.

Susi mendoakan agar mendiang Akidi memperoleh balasan atas amal yang ia perbuat. “Semoga amal Bapak dibalas oleh Tuhan YME,” kata Susi.

Di medsos, apresiasi terhadap keluarga Akidi Tio lumayan banyak. Banyak warganet berharap kedermawanan keluarga Akidi Tio juga ditiru orang kaya lain di berbagai daerah di Indonesia.

“Kalau semua orang kaya peduli seperti keluarga Akidi Tio, niscaya tidak ada orang yang terpapar Covid-19 dan terpaksa harus isolasi mandiri harus susah,” tulis Rudi Darmawan, warga Kedaton, Bandarlampung.

“Ini contoh yang manis buat pejabat yang menyelewengan anggaran penanganan Covid-19,” tulis Syofiardi, jurnalis di Padang, Sumatera Barat.

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan