Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Bantu Tetangga saat Pandemi Corona, Program Siger Dapat Sambutan di Lamsel

Bantu Tetangga saat Pandemi Corona, Program Siger Dapat Sambutan di Lamsel

307
BERBAGI
Sedekah berupa bahan makanan untuk makan sekeluarga dalam sehari digantungkan di pintu pemilik rumah yang bersedah. Warga bisa mengambil sedekah itu secukupnya.

TERASLAMPUNG.COM — Gerakan Saatnya Kita Bergerak Untuk Rakyat Yang Membutuhkan (Siger) yang digagas Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ny. Riana Arinal Djunaidi, mendapatkan sambutan baik di Lampung Selatan.

Menyambut ajakan Ketua TP PKK Lampung, Ketua TP PKK Lampung Selatan kini juga giat menjalankan program Siger. Yaitu, gerakan kan sedekah bagi para tetangga yang terdampak pandemi Covid-19.

Dalam program ini, masyarakat bisa bersedekah dengan cara menyediakan bahan atau makanan yang akan dibagi untuk satu hari makan. Kemudian diletakkan atau dikaitkan di pagar rumah masing-masing dan beri tulisan “Silahkan Mengambil Secukupnya”.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengatakan gerakan Siger bertujuan  untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Terutama masyarakat kalangan bawah yang terdampak pandemi Covid-19. Pada masa sulit seperti sekarang ini kita perlu kebersamaan dan semangat gotong royong untuk menghadapi wabah Covid-19. Hari ini kami laksanakan di Desa Jondong Kecamatan Kalianda. Bahannya kita beli di warung masyarakat sekitar. Lalu kami letakkan di pagar Posko Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 yang ada di Desa Jondong,” ujar Winarni disela melakukan Gerakan SIGER bersama pengurus TP PKK, Jumat (8/5/2020).

Winarni menjelaskan, Gerakan Siger merupakan buah ide dari Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal yang kemudian menjadi Gerakan TP PKK Provinsi dan telah dijalankan secara serentak oleh TP PKK Kabupaten dan Kecamatan di seluruh Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita tetapkan setiap hari Jumat TP PKK Kabupaten, Kecamatan, dan Desa untuk melakukan gerakkan ini. Disamping itu, kami juga memberikn sembako kepada lansia yang tidak mampu serta membagikan masker kepada masyarakat,” tutur Winarni.

Pada kesempatan itu, Winarni juga mengajak semua pihak dapat termotivasi untuk melakukan gerakan tersebut. Apalagi di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, dipandanganya sebagai lahan untuk mengumpulkan pahala sebanyaknya.

“Hari ini sudah ada beberapa desa di sejumlah kecamatan yang sudah melaksanakan Gerakan SIGER ini. Untuk itu kami juga sangat berharap kepada masyarakat yang mampu untuk dapat ikut melaksanakan gerakkan ini,” imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Desa Jondong, Zakaria, yang ikut mendampingi kegiatan itu mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan beserta jajaran pengurus yang diberikan untuk warganya.

“Bantuan dari Ibu Winarni ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang kurang mampu. Kami pun berharap gerakkan ini dapat dilanjutkan dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang mampu,” kata Zakaria.