Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Banyak Aset Tanah Milik Pemkab Lampung Utara yang Belum Bersertifikat

Banyak Aset Tanah Milik Pemkab Lampung Utara yang Belum Bersertifikat

296
BERBAGI
Kantor Pemkab Lampung Utara

Feaby| Teraslampung.com

Kotabumi — Pemkab Lampungn Utara selama ini memiliki aset tanah sebanyak 1.174 bidang. Aset tanah sebanyak itu baru 225 bidang yang sudah memiliki sertifikat tanah.

‎”Sampai saat ini, dari 1.174 bidang tanah milik Pemkab, 225 di antaranya sudah kami buatkan sertifikatnya,” kata Kepala Bidang Investasi Aset Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Trisando Tama, Selasa (8/8/2017).

Menurut Trisando, minimnya aset tanah Pemkab yang telah dibuatkan sertifikat hingga saat ini semata – mata dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi oleh pihaknya di lapangan. Pelbagai hambatan inilah yang membuat pengajuan pembuatan sertifikat belum dapat diproses.

‎”Kendala pertamanya ialah banyak aset tanah Pemkab yang belum memiliki surat bukti kepemilikan seperti surat hibah tanah atau sporadik,” jelasnya.

Selain itu, saat proses pengukuran aset tanah akan dilakukan oleh pihak BPN yang didampingi oleh mereka di lapangan, ternyata lokasinya berbeda dengan yang ada dalam surat bukti kepemilikan aset Pemkab.

“Belum lagi, waktu ngukur aset tanah, pemilik tanah yang berbatasan langsung dengan aset Pemkab tak ada di tempat. Inilah kendala – kendala yang sering dihadapi di lapangan,” papar dia.

Trisando mengatakan, dengan telah disertifikatkannya ke-225 bidang tanah tersebut maka jumlah bidang tanah yang menjadi aset Pemkab yang belum dibuatkan sertifikat tinggal 938 bidang. Namun, jumlah itu diperkirakan akan segera berkurang karena 11 bidang di antaranya sedang diproses oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Ribuan tanah yang menjadi aset Pemkab tersebut kebanyakan telah memiliki gedung di atasnya seperti gedung ‎perkantoran, puskesmas, dan sekolah,” tuturnya.