Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Banyak Kepala OPD Lampura Tak Hadiri Sidang KUA-PPAS di DPRD

Banyak Kepala OPD Lampura Tak Hadiri Sidang KUA-PPAS di DPRD

259
BERBAGI
Kursi yang disediakan untuk pimpinan OPD terlihat kosong karena hampir dari mereka tidak hadir dalam sidang paripurna DPRD Lampura, Rabu (12/9/2018).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Sidang paripurna DPRD Lampung Utara dengan agenda ‎pandangan umum pelbagai fraksi terkait rencana Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara 2019 (KUA-PPAS), Rabu pagi (12/9/2018) minim kehadiran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dari sekian banyak kepala dinas/badan/kantor di seluruh lingkungan Pemkab Lampung Utara,‎ yang hadir dalam sidang paripurna hanya Kepala Bappeda (Syahrizal Adhar) seorang. Sisanya hanya kepala bagian, kepala bidang, camat, dan jumlahnya itupun hanya segelintir saja.

Pemandangan banyaknya para OPD yang tak hadir ini sangat kontras jika dibandingkan dengan pemandangan sidang paripurna yang dihadiri oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. ‎Seluruh kursi pimpinan OPD terlihat ‘sesak’. Dalam sidang paripurna kali ini, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mendegasikan Asisten I Sekkab (Yuzar) untuk menggantikan posisinya.

Banyaknya kursi OPD yang kosong tak ayal mendapat kritikan tajam dari Romli asal Fraksi Partai Demokrat‎. Menurutnya, tidak semestinya para pimpinan OPD tidak hadir dalam paripurna kali ini. Sebab, paripurna pandangan umum fraksi ini terbilang penting karena berisikan masukan atau saran kepada OPD terkait program – program mereka di masa mendatang.

‎”Paripurna ini tujuannya untuk memberikan masukan/saran kepada mereka.‎ Tapi, gimana mereka mau tahu atau ngerti masukan atau saran dari kami kalau mereka saja enggak hadir,” sindir Romli usai sidang.

Dengan mendengardan mengetahui apa saja masukan/saran yang disampaikan oleh lembaga DPRD terkait pelbagai prioritas dari OPD yang dirangkum dalam rancangan KUA-PPAS‎ tahun 2019, para OPD dapat menyempurnakan segala kekurangan yang ada dalam rancangan tersebut.

“Semoga di masa mendatang, hal seperti ini tidak terulang kembali supaya pelbagai program pembangunan dapat lebih efisien dan efektif,” kata dia.

Menanggapi banyaknya pimpinan OPD yang mangkir dalam paripurna kali ini, Asisten I Sekkab Lampura, Yuzar mengaku telah melaporkannya kepada Bupati Agung. Kendati demikian, Yuzar menuturkan, sejumlah pimpinan OPD diketahui menghadiri acara penyerahan penghargaan di Bandarlampung.

“Sudah saya laporkan ke pak Bupati Agung. Tapi, memang ada beberapa pimpinan OPD yang ke Bandarlampung mendampingi pak bupati saat menerima penghargaan dari kementerian,” terangnya.

Loading...