Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Barongsai Ditiadakan, Imlek di Vihara Thai Hin Bio dan Vihara Bodhosattva Digelar...

Barongsai Ditiadakan, Imlek di Vihara Thai Hin Bio dan Vihara Bodhosattva Digelar Sederhana

55
BERBAGI
Vihara Thai Hin Bio membersihkan prasarana dan memasang lilin-lilin menyambut Tahun Baru Imlek, Kamis (11/2/2021).
Vihara Thai Hin Bio di Telukbetung, Bandarlampung siap menyambut Tahun Baru Imlek 2021.

TERASLAMPUNG.COM — Dua vihara tua di Kota Bandarlampung — Vihara Thai Hin Bio dan Vihara Bodhisattva — menyambut Tahun Baru Imlek 2021 atau 2572 secara sederhana. Ibadah umat dibatasi pertunjukan Barongsai ditiadakan.

Vihara Thai Hin Bio yang berada di Jalan Ikan Kakap Telukbetung dan Vihara Bodhisattva di Jalan Ikan Kembung, Kelurahan Pesawahan Telukbetung Selatan sama-sama menerapkan protokol kesehatan bagi umatnya yang akan sembahyang

“Pagi ini kami sedang membersihkan prasarana yang ada begitu juga pensucian rupang (patung dewa) para Budha dan para dewa dewi,” jelas Humas Vihara Thai Hin Bio, Wiria Kamis 11 Februari 2021.

Di masa pandemi dan masih tingginya orang-orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bandarlampung dia mengimbau umat Budha untuk beribadah di rumahnya masing-masing.

“Begitu juga untuk mengirimkan ucapan Gong Xi Fa Cai bisa dilakakukan dari rumah secara virtual,” jelas Wiria.

Sedangkan untuk ibadah perorangan, ke dua vihara itu tetap buka tapi pelaksanaannya dibatasi secara bergantian mengikuti protokol kesehatan.

“Umat sudah kami informasikan bahwa vihara buka hingga pukul 21.30 pada malam tahun baru imlek. Untuk yang akan beribadah di sini harus bergantian,” kata pengurus Vihara Bodhisattva, Romo Iyok.

Kedua vihara tersebut perayaan Tahun Baru Imlek 2021 Shio Kerbau Logam ini sama-sama meniadakan pertunjukan Barongsai. Di Vihara Bodhisattva di dindingnya ditempel tidak ada pertunjukan Barongsai.

“Untuk Barongsai dan pasar malam sama sekali tidak ada. Intinya kami mendukung segala perayaan yang menimbulkan kerumunan ditiadakan,” ujar Humas Vihara Thai Hin Bio, Wiria.

Dandy Ibrahim

>