Baru Dibayar Tujuh Bulan, ADD Lampung Utara Diprediksi Kembali tak Terbayar

Ilustrasi Alokasi Dana Desa (Ist).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Jelang berakhirnya pemerintahan Bupati Budi Utomo, persoalan penyaluran Alokasi Dana Desa atau ADD tahun 2023 ternyata tak kunjung selesai juga. Buktinya, hingga November ini, ADD yang dibayar baru sampai bulan Juli saja.

“ADD yang sudah dibayar itu ialah ADD sampai dengan bulan Juli,” terang Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara, M. Toha, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, dalam penyaluran ADD, pihaknya hanya bertugas untuk memeriksa kelengkapan persyaratan pengajuan pencairan yang disampaikan oleh pihak pemerintahan desa. Setelah berkas dirasa lengkap, selanjutnya akan disampaikan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset/BPKA.

“Kalau untuk kenapa dan kapan sisa ADD akan dibayar, silakan ke BPKA,” kata dia.

Di lain pihak, Kepala BPKA Lampung Utara, Mikael Saragih tak membantah jika ADD tahun ini kemungkinan besar akan kembali menunggak pembayarannya. Sebab, ADD yang baru dibayarkan barulah ADD bulan Januari sampai dengan Juli, sedangkan saat ini telah menginjak akhir November 2023.

“Tapi, untuk ADD bulan Agustus dan September akan dibayarkan pada Desember nanti,” terangnya.

Dengan rencana dua bulan pembayaran ADD di bulan Desember mendatang maka total ADD yang telah disalurkan akan berjumlah sembilan bulan. Adapun sisa tiga bulan ADD yang belum dibayar, pembayarannya masih akan melihat kemampuan anggaran.

“Kalau memang dananya ada, kami akan lunasi semuanya,” tutur dia.