Batas Waktu Pencairan Diperpanjang, Disdikbud Lampura Yakini DAK Terserap

  • Bagikan
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara (Ilustrasi Foto: /Teraslampung|Feaby Handana))

Feaby|‎Teraslampung.com

Kotabumi–Lantaran batas pencairan Dana Alokasi Khusus fisik diperpanjang hingga akhir Agustus mendatang, Dana Alokasi Khusus ‎bidang pendidikan Lampung Utara tahun 2021 diyakini tidak akan hangus.

“Kami optimistis DAK fisik dapat terserap sesuai rencana karena pihak Kementerian Keuangan telah memperpanjang batas waktu pencairan ‎DAK fisik tahap I hingga akhir Agustus mendatang‎,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh, Rabu (14/7/2021).

Perpanjangan batas waktu itu tertuang dalam Keputusan menteri Keuangan Nomor 13 /KM.7/2021 tentang perpanjangan batas waktu penerimaan dokumen persyaratan penyaluran DAK khusus fisik tahun anggaran 2021. Dalam keputusan terbaru itu disebutkan bahwa pencairan DAK fisik tahap I yang semula paling lambat tanggal 21 Juli 2021 diperpanjang menjadi paling lambat tanggal 31 Agustus.

Keyakinannya itu kian diperkuat dengan perkembangan proses lelang ‎proyek DAK yang telah memasuki tahapan evaluasi. Sementara waktu yang tersedia masih cukup panjang. Proses lelang sendiri dilakukan oleh Badan Pengadaan Barang dan Jasa.

“Artinya, tinggal beberapa tahapan lagi yang harus dilalui sebelum penandatanganan kontrak dilakukan,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Subbidang Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Lampung Utara, Romi Wahyudi membenarkan bahwa proses lelang DAK fisik pendidikan sedang memasuki tahapan evaluasi. Tinggal beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum para pemenang lelang proyek menandatangani kontrak mereka.

“Setelah tahapan evaluasi, ada tahapan pembuktian, penetapan pemenang, dan tahapan masa sanggah,” kata dia.

Romi menyebutkan, total proyek DAK fisik pendidikan yang mereka lelang berjumlah sembilan belas paket proyek. Total anggaran untuk ke-19 paket itu mencapai sekitar Rp9.469 Miliar.

“Targetnya, penandatanganan kontrak pemenang lelang‎ dapat dilakukan pada 21 Juli mendatang,” tuturnya.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page