Beranda Ruwa Jurai Pesawaran Batu Akik Hijau Belimbing, Pendatang Baru dari Pesawaran Lampung

Batu Akik Hijau Belimbing, Pendatang Baru dari Pesawaran Lampung

1414
BERBAGI
Batu akik belimbing Pesawaran Lampung

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Dalam peta batu akik Lampung, Kabupaten Pesawaran tidak pernah dihitung sebagai daerah yang memiliki kandungan bahan batu akil. Di Lampung, daerah yang terkenal dengan batu akiknya barulah Tanjungbintang (Lampung Selatan), Kabupaten Way Kanan, dan belakangan ini Kabupaten Pringsewu.

Tanjungbintang terkenal dengan batu akik bungur yang memiliki ciri khas warga ungu cerah dan harganta ‘stabil tinggi’. Sedangkan Way Kanan terkenal dengan batu akik jenis solar, anggur api, dan batu gambar.

Di luar ketiga daerah itu, baru-baru terungkap adanya jenis batu akik jenis baru di Pesawaran. Johan, seorang pemulia batu akik, mengaku dirinya menemukan batu jenis baru itu secara tak sengaja.Sayangnya Johan masih belum mau membuka rahasia daerah mana di Pesawaran yang banyak mengandung batu akik jenis baru itu.

“Kami belum memiliki nama batu jenis baru ini. Warnanya hijau pupus daun pisang, tetapi berbeda dengan hijau pupus sungai dareh atau hijau giok Aceh.Jumlahnya masih terbatas dan langka,” kata Johan.

Johan meyakini,batu akik asal Pesawaran kelak akan bisa menyaingi keterkenalan batu akik bungur Tanjungbintang atau batu Sungai Dareh Sumatera Barat.

Karena belum menemukan nama bagi baru yang ditemukannya, Johan menamakan batu akik asal Pesawaran itu sesuai dengan warnanya. “Karena berwarna seperti hijau buah belimbing, kami menyebutnya batu akik belimbing,” kata Johan.

Rama Pandu/Dewira

Silakan Baca Aneka Tulisan tentang Batu Akik di Bisnis Batu Akik

Loading...