Beranda Hukum Narkoba Bawa 2 Kg Sabu, Dua Penumpang Pesawat Dibekuk di Bandara Soetta

Bawa 2 Kg Sabu, Dua Penumpang Pesawat Dibekuk di Bandara Soetta

27
BERBAGI
Spenumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (9/7/2016). Foto: Puspen TNI

TERASLAMPUNG.COM — Seorang pria dan seorang perempuan penumpang pesawat Batik Air tujuan Makassar dibekuk personel TNI BKO Bawah Kendali Operasi Pengamanan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dari Satuan TNI AD, Paskhas TNI AU, dan petugas pihak keamanan Bandara Soetta, Cengkareng, karena membawa  10 bungkus sabu-sabu seberat 2 Kg, Sabtu pagi (9/7).

Penangkapan tersebut bermula dari kecurigaan anggota TNI BKO Pengamanan Bandara Soetta terhadap tersangka, selanjutnya menginfokan kepada Petugas X-Ray Terminal 1C Keberangkatan terhadap salah satu penumpang saat melewati walk trough metal detector Bandara Soetta.

Karena curiga, personel TNI BKO Pengamanan Bandara Soetta dan Petugas Bea Cukai kemudian melakukan pemeriksaan fisik terhadap salah seorang penumpang yang diketahui bernama Heriadi. Dari hasil pemeriksaan di bagian tubuh orang tersebut, ditemukan 10 bungkus Narkotika seberat 2 Kg jenis sabu-sabu.

Dari hasil pemeriksaan orang tersebut, dikembangkan oleh pihak keamanan Bandara Soetta dan Bea Cukai bahwa salah seorang penumpang wanita atas nama Weni Putri Ayu Wardani sudah berada di dalam Pesawat.

Kemudian pihak Bea Cukai didampingi oleh Lettu Pas Pasaribu yang menjabat Dantim Sub Satgas Bandara Soetta menjemput kedua penumpang tersebt untuk diperiksa. Selanjutnya kedua orang dan barang bukti diserahkan ke Resnarkoba Polresta Bandara Soetta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam rangka melakukan langkah preventif dari ancaman terror dan tindak kejahatan lainnya yang marak terjadi mengedepankan sinergitas TNI-Polri Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah mengerahkan kekuatan sebanyak 2.110 Prajurit TNI di bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polri untuk pengamanan.

Menyikapi potensi ancaman penerbangan dan Bandar Udara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menggelar kekuatan sebanyak 3.179 rajurit di sejumlah Bandar Udara baik secara terbuka maupun tertutup bekerjasama dengan Polri dan Pamdal jajaran Angkasa Pura Kementerian Perhubungan.

Secara khusus pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta TNI memprioritaskan pengamanan dengan pengerahan kekuatan 650 personel TNI dipimpin oleh Kolonel Pas Roy Bait sebagai Dansatgaspam BKO Bandara Soetta.