Beranda News Pemilu 2019 Bawaslu Bandarlampung Mulai Tertibkan APK Kampanye

Bawaslu Bandarlampung Mulai Tertibkan APK Kampanye

129
BERBAGI
Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah bersama pertugas Pol PP melepas banner yang menempel di angkot jurusan Bandarlampung-Kemiling, Selasa,4 Desember 2018.
Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah bersama pertugas Pol PP melepas banner yang menempel di angkot jurusan Bandarlampung-Kemiling, Selasa,4 Desember 2018.

Dandy Ibrahim | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG  — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di beberapa terminal dan di mobil-mobil angkutan kota (angkot) Senin (3/12).

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampumg Candrawansah mengatakan penertiban APK ini sudah sesuai Peraturan KPU (PKPU) 23 dan Peraturan bawaslu (Perbawaslu) 28 tahun 2018 berkaitan dengan pengawasan pemilu, bahwa kendaraan umum tidak diperbolehkan untuk memasang dan membranding APK caleg atau capres.

“Dalam minggu-minggu ini kami akan tertibkan semua apk-apk yang terpasang tidak sesuai ketentuan,” jelasnya saat memimpin penertiban apk liar di Terminal Kemiling Kota Bandarlampung.

Menurutnya, Bawaslu Kota Bandarlampung sebelum melakukan pemertiban APK sudah mengirim surat edaran kepada partai politik agar tidak memasang APK di ruang publik yang tidak diperbolehkan. Namun, katanya, selama musim kampanye ini para caleg dan timses tidak mengindahkan surat edaran itu.

“Semestinya para caleg itu menyampaikan visi dan misi agar dipilih oleh rakyat, bukan memasang banner dengan menabrak aturan yang sudah tetapkan oleh Bawaslu dan KPU,” ungkapnya.

Pencopotan APK oleh Bawaslu dibantu Dinas Perhubungan dan Satuan Pamong Praja Kota dimulai dari Terminal Rajabasa, Terminal Kemiling, Terminal Pasar Bawah, kemudian Terminal Sukaraja Kota Bandarlampung

Loading...