Bea Cukai Gagalkan Enam Juta Batang Rokok Ilegal Yang Akan Diedarkan ke Padang

  • Bagikan

Zainal Asikin/teraslampung.com

BANDARLAMPUNG- Sebanyak 6.794.880 batang rokok ilegal, dan tanpa dilengkapi pita cukai gagal diedarkankan ke Padang, Sumatera Barat. Jutaan batang rokok tersebut, berhasil diamankan petugas dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Bandarlampung.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Bandarlampung, Beni Novri mengatakan, jutaan batang rokok dengan merk Gudang Cengkeh dan Best Mild tersebut, disita dari pengemudi truk palat nomor kendaraan L 8791 UP di pelabuhan Bakauheni, pada (24/2/2016) lalu.

“Dari hasil pemeriksaan sopir tru, bahwa rokok yang dibawanya itu berasal dari gudang Surabaya, Jawa Timur. Rencananya, rokok itu akan dibawa dan diedarkan ke daerah Padang, Sumatera Barat,”kata Beni kepada wartawan, Rabu (2/3/2016).

Menurutnya, rokok dengan merk Gudang Cengkeh dan Best Mild yang disita, tidak dilekati dengan pita cukai. Rokok-rokok itu, menggunakan pita cukai palsu.

Beni menuturkan, untuk nilai barangnya mencapai Rp 3.482.376.000. Kemudian potensi kerugian negara dari pungutan cukai senilai Rp
1.800.643.200.

“Jutaan batang rokok ilegal hasil penindakan itu, saat ini sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan pihak yang bertanggung jawab atas barang tersebut,”ujarnya.

Aturan yang dilanggar dalam perkara tersebut adalah, melanggar Pasal 54,55, 56 dan 58 Undang-Undang cukai dengan acaman hukuman pidana penjara minimal satu tahun dan maksimal delapan tahun.

  • Bagikan