Beranda Hukum Teras Kriminal Begal Bersenjata Api asal Lampung Timur Babak Belur Dihakimi Massa

Begal Bersenjata Api asal Lampung Timur Babak Belur Dihakimi Massa

1246
BERBAGI
Tersangka pelaku pembegalan babak belur dihajar massa di i Jalan Pulau Sebesi, Sukarame Bandarlampung,Selasa (24/3) sekitar pukul 19.30 WIB. (Ilustrasi/foto Facebook).

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Satu dari dua Pelaku begal bersenjata api, M Yani (31) warga Desa Bungku, Marga Sekampung, Lampung Timur ditangkap dan dihajar massa saat beraksi di Jalan Pulau Sebesi, Sukarame, Bandarlampung, Selasa malam (24/3/2015) sekitar pukul 19.30 WIB. Sementara salah satu teman pelaku, berhasil kabur melarikan diri dari kepungan massa.

Dari informasi yang didapat teraslampung.com, Hadi (23) salah seorang yang sempat melihat kejadian tersebut mengatakan, pada saat beraksi kedua pelaku begal sempat mengeluarkan senjata api rakitan (senpira). Senjata api tersebut dikeluarkan oleh kedua pelaku yakni, untuk menakut-nakuti massa.

Namun massa yang datang bertambah ramai, sambung Hadi, berhasil menangkap satu orang pelaku begal, massa yang geram langsung menghajar pelaku hingga pelaku tersebut babak belur dihajar puluhan massa. Bahkan, sempat hampir dibakar oleh massa kalau saja beberapa  polisi dari Polsekta Sukarame tidak datang dan mengamankan pelaku.

Sementara salah satu teman dari tersangka yang ditangkap, berhasil kabur melarikan diri ke arah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Radin Intan Tanjungkarang sembari menenteng senjata api.

“Pelaku yang kabur itu berbadan tambun dan berkumis, lalau pakai bajunya warna hitam bergaris. Kalau gak salah denger, dari tersangka yang ketangkep ini sempat menyebut nama temannya yang kabur itu UM dan pelaku juga bawa senpi bang,”ujar Hadi, Selasa (24/3) malam.

Terpisah, Kapolsek Sukarame Kompol I Made Bayu Suta saat dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan adanya penangkapan salah satu pelaku begal. Saat kejadian pelaku ditangkap oleh massa dan saat ini (Selasa malam, 24/3/2015) pelaku sudah diamankan di Mapolsekta Sukarame.

“Satu orang pelaku yang berhasil ditangkap bernama M Yani (31) warga Desa Bungku, Marga Sekampung, lampung Timur. Sementara rekannya berhasil kabur melarikan diri. Barang bukti yang diamankan, satu pucuk senjata api rakitan dan tiga butir amunisi,”kata Bayu Sutha kepada Teraslampung.com, Selasa (24/3) malam.

Guna pemeriksaan lebih lanjut dan pengembangan, sambung mantan Kasat Lantas Polresta Bandarlampung, petugas saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Yani untuk dapat mengungkap TKP lain yang dilakukan oleh tersangka dan rekannya.

“Untuk teman tersangka yang berhasil kabur, petugas sedang melakukan pengejaran. Identitas pelaku sudah kami kantongi, tapi tidak bisa kami sampaikan,”jelasnya.

Informasi tertangkapnya begal tersebut cepat  menyebar di dunia maya. Bahkan, di jejaring sosial Facebook, sejak Selasa (24/3) pukul 21.00 WIB sudah beredar foto pelaku begal yang babak belur dihajar massa. Bersamaan dengan foto tersangka pelaku begal, diunggah juga sebuah foto yang menggambarkan begal  dibakar massa.

Dua foto yang dipasang di beberapa status pemilik akun Facebook itu menggambarkan  (sepertinya) setelah begal babak belur, kemudian begal tersebut dibakar sampai ‘kelojotan’ hingga tewas.