Begini Cara Pria Asal Palembang Curi Motor di Pasar Bawah Ramayana

  • Bagikan
Polisi tembak kaki Eko, tersangka pencuri sepeda motor di Pasar Bawah Ramayana Bandarlampung.

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Kapolsekta Tanjungkarang Barat, AKP Harto Agung Cahyono mengatakan, petugas menangkap tersangka Eko Maramis (28) warga Kelurahan Satu Uku, Kecamatan Seberang Ulu, Palembang, Sumatera Selatan karena mencuri sepeda motor milik Riko Amanda (23) di parkiran Pasar Bawah Ramayana, pada Senin (26/12/2016).

“Saat itu korban sedang pergi untuk belanja di Pasar Bawah Ramayana, tersangka Eko datang dan menuju ke area parkiran tersebut,”kata Harto, Selasa (27/12/2016).

Harto mengutarakan, tersangka Eko memang sudah berencana mencuri sepeda motor di tempat parkiran tersebut, karena tersangka sudah membawa kunci letter T. Selanjutnya, tersangka memilih sepeda motor yang ada di parkiran secara acak.

“Tersangka memilih sepeda motor Yamaha Mio milik korban Riko, dengan cara merusak kunci stang motor pakai kunci T,”ujarnya.

Beruntung saat kejadian, kata Harto, korban cepat mengetahui sepeda motornya hilang dicuri. Saat itu juga, korban langsung melaporkan kejadian pencurian itu ke polisi. Mendapat laporan dari korban, petugas langsung melakukan pencarian.

“Dalam waktu setengah jam dari aksi pencurian, petugas menemukan tersangka saat membawa motor korban di area Pasar Tengah, Tanjungkarang Pusat,”ungkapnya.

Saat akan ditangkap, tersangka Eko berusaha melarikan diri membawa motor hasil curian. Petugas langsung mengejar tersangka, ketika berada disuatu tempat Eko terdesak dan melakukan perlawan terhadap petugas.

“Karena ada perlawanan, petugas melumpuhkan tersangka Eko dengan melepaskan tembakan di kedua kakinya,”terangnya.

Dikatakannya, dari penangkapan tersangka, petugas menyita barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Mio warna hijau BE 4539 SM. Sementara kunci letter T yang digunakan tersangka untuk mencuri motor korban, tidak ditemukan.

“Kunci T tersebut, sudah dibuang tersangka saat berusaha kabur dalam pengejaran petugas,”jelasnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah ini mengatakan, pihaknya masih mengembangkan kasusnya, untuk mengetahui adanya TKP lain yang dilakukan tersangka baik di wilayah Kota Bandarlampung ataupun di daerah tempat tinggalnya di Palembang, Sumatera Selatan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Poltabes Palembang, apakah tersangka Eko ini terlibat dalam aksi kejahatan atau tidak,”pungkasnya.

  • Bagikan