Beranda Teras Berita Bencana Sinabung: AJI Medan Imbau Jurnalis Utamakan Keselamatan

Bencana Sinabung: AJI Medan Imbau Jurnalis Utamakan Keselamatan

174
BERBAGI

MEDAN, teraslampung.com–Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan mengingatkan para jurnalis khususnya yang sedang melakukan kegiatan peliputan di daerah bencana Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk mengutamakan keselamatan diri. Nyawa jurnalis menurut AI lebih penting dibanding hasil liputan seeksklusif apa pun.

Pernyataan tersebut disampaikan AJI setelah meninggalnya Rizal Syahputra, jurnalis www.zonamedan.com, Sabtu (1/2/2014). Rizal alias Jack Gondrong tewas karena diterjang awan panas ketika sedang memotret dan merekam gambar erupsi Sinabung. Selain Rizal, belasan orang yang berada Desa Suka Meriah, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, juga tewas. 

Ketua AJI Medan, Soetana Monang Hasibuan, mengungkapkan bela sungkawa untuk Rizal dan korban lainnya. Kepada para jurnalis lain yang masih melakukan tugas liputan, Monang mengimbau untuk mengutamakan keselamatan diri dan melakukan pemetaan wilayah liputan dengan memperhatikan zona berbahaya yang telah ditetapkan pihak berwenang.

Monang mengingatkan, demi keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja, perusahaan media diminta melengkapi  jurnalisnya dengan peralatan dan fasilitas yang memadai untuk keamanan para jurnalis.

” Para jurnalis janganlah nekat melakukan peliputan hingga memasuki wilayah berbahaya sebagaimana telah ditetapkan pemerintah. Jangan ambisius untuk mendapatkan berita eksklusif. Karena apapun itu tidak setimpal bila nyawa taruhannya. Kami mengimbau para redaktur dan pemilik media jangan hanya memberikan beban tugas meliput kepada jurnalis tapi tidak memberikan fasilitas yang membuat jurnalis lebih aman bekerja di daerah bencana alam yang sulit diprediksi,” kata Monang.

Loading...