Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bendungan Tirta Shinta Kini Jadi Tempat Wisata Mengasyikkan di Lampung Utara

Bendungan Tirta Shinta Kini Jadi Tempat Wisata Mengasyikkan di Lampung Utara

1182
BERBAGI
Menikmati sarana permainan di Bendungan Tirta Shinta.

Feaby|Ter‎aslampung.com

Kotabumi–Sejak kembali dibuka, Bendungan Tirta Shinta yang berada di Desa Wonomarto, Kotabumi Utara, Lampung Utara mulai “diserbu” warga untuk dijadikan sebagai lokasi wisata pilihan. Tiap harinya, bendungan yang sebelum dibuka itu dipenuhi tanaman gulma kini telah dipadati sedikitnya 100 – 400 pengunjung.

“‎Sejak dibersihkan dan dibuka empat bulan lalu, tempat wisata ini mulai dipadati pengunjung,” kata Persatuan Anak Pemukiman Angkatan Laut (Papal) selaku pengelola bendungan, Anto, Sabtu (13/8/2016).

Sebelum dibuka dan dibersihkan oleh anggota Pemukiman Angkatan Laut (Kimal), menurut Anto, bendungan ini dipenuhi oleh tanaman gulma dan semak belukar di sekitar bendungan. Pembersihan gulma ini sendiri dilakukan secara bergotong royong dan menggunakan alat seadanya. Proses pembersihannya memakan waktu tak kurang dari sebulan.

tirta sintha 2Untuk memanjakan para pengunjung, kata Anto lagi, pihaknya menyediakan sejumlah fasilitas meski belum memadai dan masih perlu ditingkatkan. Adapun fasilitas yang disiapkan oleh mereka di antaranya banana boat, perahu karet, perahu dayung, flying Fox, dan motor ATV. Tarif fasilitas yang ada ini pun tak terlalu menguras kocek para pengunjung.

“Selain itu, di tengah bendungan ada pulau buatan yang cukup bagus untuk berselfie ria. Ke depannya juga akan ada water boom dan kolam renang dan fasilitas hiburan lainnya di sini,” terangnya.

Di tempat sama, ‎anggota Papal lainnya, Jafar mengatakan, tempat wisata ini dapat dipadati pengunjung hingga ratusan saat hari libur. Namun, jika bukan hari libur, jumlah pengunjungnya hanya berkisar 50 – 100 pengunjung.

“Kalau hari Minggu, pengunjungnya bisa mencapai 400 orang, mas. Tapi, kalau libur, paling cuma 50 – 100 orang,” kata dia.

Para pengelola tempat wisata ini ber‎harap, Pemkab Lampung Utara memberikan bantuan dan dukungan khususnya dalam perbaikan akses jalan menuju bendungan ini. Mengingat, kondisi jalan menuju bendungan tersebut telah mengalami kerusakan di sana – sini.

“Harapannya, akses jalan ke sini bisa diperbaiki oleh pemerintah sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,” tuturnya.