Beranda Teras Berita Bentrok Lampung Tengah, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

Bentrok Lampung Tengah, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

137
BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com

BANDARLAMPUNG- Polisi menetapkan tiga tersangka terkait konflik horizontal yang terjadi di Dusun I dengan Dusun II  Tanjungrejo, Kampung Tanjung Harapan, Kecamatan Anak Tuha, Lampung Tengah, beberapa hari lalu. Baca: Lampung Tengah Membara, Puluhan Rumah Warga Dibakar Massa

Tiga tersangka kini sudah ditahan. Mereka  diduga kuat melakukan aksi pengrusakan terhadap rumah penduduk di kampung tersebut.

“Tiga orang sudah ditetapkan jadi tersangka berinisial H, S dan H. Ketiganya diduga kuat yang melakukan tindakan anarkis sehingga terjadinya bentrok antar kelompok tersebut dan yang menangani para tersangka Polres setempat,” kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih tanpa menyebutkan para tersangka tersebut dari pihak mana, Senin (1/12). Baca: Inilah Kronologi Rusuh Lampung Tengah yang Menyebabkan Puluhan Rumah Dibakar

Sulis menungkapkan, penetepan tersangka terhadap ketiga orang tersebut dilakukan setelah mendapat hasil dari pemeriksaan dan penyidikan. Hingga kini, aparat dari Polres Lampung Tengah masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap ketiganya.

“Dalam perkara tersebut, kami belum dapat menjelaskan lebih jauh apakah akan ada penambahan tersangka lagi dari bentrokan tersebut. Ya untuk sementara ini baru tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka,” jelasnya..

Menurut Sulistyaningsih, ketiga tersangka akan dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 170 tentang pengrusakan, pasal 160 tentang penghasutan dan pasal 187 tentang pembakaran.

“Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara,” tandasnya.

Mengenai keadan atau situasi di kampung tersebut usai terjadinya konflik horizontal, Sulis mengatakan, situasi di kedua Kampung tersebut sudah kondusif. Namun, hingga saat ini personel gabungan dari Polri dan TNI yang berjumlah sekitar 1.234 masih tetap disisagakan untuk berjaga jaga dan melakukan patroli rutin untuk meningkatkan keamanan.

“Saya juga mengimbau seluruh masyarakat, dengan adanya perdamaian yang telah dilakukan pada hari Jumat (28/11) lalu diharapkan agar tetap menjaga situasi tetap kondusif, aman, tenteram, dan damai,”imbaunya.

Baca: Bentrok di Lampung Tengah Diduga karena Salah Paham