Beranda Hukum Kriminal Beraksi di 23 TKP, Begal Sadistis Dibekuk Resmob Polres Lampura

Beraksi di 23 TKP, Begal Sadistis Dibekuk Resmob Polres Lampura

532
BERBAGI
Tersangka Ruslan sedang diperiksa oleh penyidik Polres Lampung Utara
Tersangka Ruslan sedang diperiksa oleh penyidik Polres Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Anggota Satuan Reserse Mobil (Resmob) Polres Lampung Utara membekuk Ruslan (40), anggota kaw‎anan begal sadistis yang telah 23 beroperasi di lokasi berbeda.

Ruslan dan kawan‎annya juga tak sungkan melukai bahkan menghabisi korbannya dengan senjata tajam atau pistol rakitan saat beraksi. Kelompok mereka inilah yang menembak mati Saprudin dan melukai kakaknya Siti Patimah, warga Desa Bandar Kagungan Raya, Abung Selatan Lampura pada 26 April 2018 lalu.

‎”Tersangka Ruslan dan kelompoknya sudah dua puluh tiga beraksi di lokasi berbeda,” terang Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Lampura, AKP Syahrial, di Mapolres, Selasa (24/7/2018).

‎Syahrial menjelaskan, tersangka dan kawanannya tergolong sadis saat beraksi. Mereka tak segan – segan melukai dan bahkan membunuh korban hanya untuk merampas sepeda motor calon korbannya.

“Dari 23 lokasi itu, ada dua korban yang meninggal dunia akibat perbuatan mereka. Satu di daerah Abung Semuli (2013) dan satunya lagi di Abung Selatan pada 26 April lalu,” kata dia.

Adapun ke-23 lokasi kejahatan dari para tersangka ialah Kecamatan Abung Timur (dua kali), Kecamatan Abung Selatan (tiga kali), Kecamatan Abung Semuli (satu kali), Kecamatan Abung Barat (4 kali), Kecamatan Kotabumi Utara (enam kali).

“Mereka bersenjatakan senjata tajam dan pistol rakitan saat beraksi,” terangnya.

Dalam setiap aksinya, tersangka Ruslan menjalankan peran berbeda – beda. Kadang berperan sebagai eksekutor, kadang berperan sebagai pembawa sepeda motor (joki). Sepeda – sepeda motor hasil kejahatan mereka dijual di dalam dan luar Lampura.

“Tersangka juga dikenakan pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan (Curas) dengan ancaman minimal 12 tahun penjara,” tegas Syahrial.

Loading...