Beranda Hukum Kriminal Beraksi di Jalinsum, Anggota Komplotan Bajing Loncat Dibekuk Polisi

Beraksi di Jalinsum, Anggota Komplotan Bajing Loncat Dibekuk Polisi

616
BERBAGI
M Heirudin (24), warga Panjang, Bandarlampung salah satu tersangka pencurian spesialis bajing loncat saat diintrogasi Kapolsek Panjang, Kompol Sofingi (kiri) terkait aksi pencurian yang dilakukan tersangka bersama lima pelaku lainnya yang masih buron.
M Heirudin (24), warga Panjang, Bandarlampung salah satu tersangka pencurian spesialis bajing loncat saat diintrogasi Kapolsek Panjang, Kompol Sofingi (kiri) terkait aksi pencurian yang dilakukan tersangka bersama lima pelaku lainnya yang masih buron.

Zainal Asikin |Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Salah satu pelaku pencurian spesialis bajing loncat yang kerap melakukan aksinya kepada para supir truk pengangkut barang logistik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di ruas Jalan Yos Sudarso, Panjang, Bandarlampung itangkap petugas Unit Reskrim Polsekta Panjang, pada Jumat 24 Agustus 2018 malam lalu.

Pelaku yang ditangkap itu adalah, M Heirudin (24), warga Panjang, Bandarlampung. Sedangkan untuk kelima pelaku lainnya berinisial M, O, C, P dan Y, saat ini masih dalam pencarian petugas.

“Tersangka Heirudin, ditangkap Jumat 24 Agustus 2018 malam lalu saat tersangka akan mengambil pakan ternak hasil curian yang disimpan di salah satu lokasi di wilayah Panjang,”kata Kapolsekta Panjang, Kompol Sofingi, Minggu 26 Agustus 2018.

Dikatakannya, penangkapan pelaku tersebut, berdasar atas laporan korban Dono Setiawan, warga Kelurahan Way Lunik, Panjang dengan nomor laporan polisi: LP/B/344/VIII/2018/LPG/ Resta Balam/ Sek Panjang.

Saat akan ditangkap, kata Kompol Sofingi, tersangka Heirudin berusaha melarikan diri hingga sempat terjadi kejar-kejaran dengan petugas, hingga akhirnya berhasil ditangkap tanpa ada perlawanan. Dari penangkapan tersangka, disita barang bukti satu karung pakan ternak, satu unit sepeda motor tanpa plat nomor kendaraan dan uang tunai Rp 700 ribu.

“Tersangka dan barang bukti, saat ini diamankan di Mapolsek Panjang guna dilakukan penyidikan lebih lanjut,”ungkapnya.

Kompol Sofingi mengutarakan, tersangka Heirudin, merupakan salah satu dari enam pelaku spesialis bajing loncat yang kerap melakukan aksi pencurian terhadap para supir truk pengangkut bahan sembako dan logistik lainnya di Jalan Lintas Sumatera (By Pass) dan di Jalan Yos Sudarso, Panjang.

“Untuk pelaku lainnya berinisial M, O, C, P dan Y masih dalam pengejaran petugas dan mereka sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO),”ungkapnya.

Modusnya, lanjut Kompol Sofingi, para pelaku beraksi dengan mengendarai tiga sepeda motor dan membuntuti mobil yang mengangkut muatan bahan sembako dan logistik lainnya dari belakang. Lalu beberapa pelaku naik keatas bak truk, saat berada diatas pelaku merobek terpal penutup barang dan mengambil barang muatan tersebut. Sementara pelaku lainnya, menyambar barang hasil curian itu dan dibawa untuk disembunyikan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku sudah lima kali melakukan aksi pencurian modus bajing loncat bersama kelima rekannya yang masih buron tersebut. Barang hasil curian, dijual tersangka dan uangnya dibagi rata lalu dihabiskan untuk poya-poya,”terangnya.

Menurutnya, meski sudah banyak pelaku yang ditangkap, namun masih banyak keluhan para supir mengenai aksi pencurian spesialis bajing loncat tersebut. “Untuk pencegahannya, kita giatkan terus patroli rutin di titik-titik rawan kriminalitas tersebut,”pungkasnya.

Loading...