Beranda News Pusiban Beras Siger, Ayam Prebiotik, dan Kambing Saburai Jadi Andalan Inovasi Lampung

Beras Siger, Ayam Prebiotik, dan Kambing Saburai Jadi Andalan Inovasi Lampung

251
BERBAGI
Sosialisasi Pembentukan Laboratorium Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (27/10/2015).
Sosialisasi Pembentukan Laboratorium Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (27/10/2015).

Teraslampung.com – Beras Siger dan Ayam Prebiotik akan menjadi andalan Provinsi Lampung di bidang inovasi. Pada masa mendatang, Pemprov Lampung akan terus melakukan inovasi dengan menindaklanjuti hasil penelitian

“Beras Siger Mas dan Ayam Prebiotik merupakan salah satu inovasi dalam perwujudan Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung sebagaimana hal ini merupakan salah satu agenda dalam pembangunan di Provinsi Lampung,” kata Sekda Provinsi Lampung Arinal Djuanaidi dalam acara Sosialisasi Pembentukan Laboratorium Inovasi dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (27/10/2015).

Menurut Arinal, dalam praktik penyelenggaraan pemerintah daerah,  inovasi menjadi kata kunci dalam upaya meningkatkan daya saing, pelayanan publik, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Esensi inovasi pada prinsipnya telah memposisikan setiap aparatur pemerintah daerah untuk dapat berfikir dan bertindak diluar kotak penyelenggaraan pemerintahan yang selama ini belum dipraktekkan namun tetap dalam koridor aturan dan ketentuan yang ada,” kata Arinal.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN RI, Dr. Basseng, menjelaskan sosialasasi ini merupakan langkah pertama untuk mewujudkan Lampung menjadi Lumbung Inovasi.

“Pemerintah Provinsi Lampung memiliki banyak agenda pembangunan.Antara lain pengembangan infrastruktur, pengembangan energi terbarukan, sektor kemaritiman, kawasan ekonomi khusus dan lainnya. Acara ini dapat mewujudkan Lampung menjadi Lumbung Inovasi,” jelasnya.

Kabag Litbangnovda Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan inovasi penyelenggaraan pemerintah daerah dapat menjadi lini terdepan dan tumbuh berkembang serta menjadi penyemangat dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

“Kegiatan ini sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan ide, gagasan, dan kreativitas bagi aparatur daerah dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” katanya.

Selain dua inovasi itu, Pemprov Lampung sebenarnya sudah lama melakukan inovasi di bidang peternakan, yakni dengan lahirnya bibit kambing unggul yang diberi nama Kambing Saburai.

Keunggulan inovasi Lampung yang menghasilkan Beras Siger, Ayam Prebiotik, dan Kambing Saburai mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dengan Pengharhaan Budhipura yang diterima Gubernur Lampung Ridho Ficardo, beberapa waktu lalu.

Mas Alina Arifin

Loading...