Beranda News Jiran Sumatera Berbagi ZISWAF di RUMAN Aceh

Berbagi ZISWAF di RUMAN Aceh

266
BERBAGI
Penyaluran zakat, infak, sedekah, dan wakaf oleh RUMAN Aceh

Banda Aceh, Teraslampung.com – Menyalurkan potensi ZISWAF (zakat, infak, sedekah dan wakaf) dari para muhsinin selama bulan Ramadhan 1436 H/2015 M Lembaga Pendidikan RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh mendistribusikan paket bahan makanan pokok kepada 50 keluarga dhuafa binaannya di sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan charity yang digelar di base camp RUMAN Aceh di desa Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh pada Ahad (28/6/2015) sore itu dihadiri oleh Sekretaris RUMAN Aceh, Riski Sopya S.Pd beserta tim pengajar bimbingan belajar gratis yang genap berjalan dua tahun pada 8 April 2015 lalu.

Riski Sopya menuturkan bahwa paket sembako merupakan sedekah dari seorang hamba Allah yang sengaja membagikan dua bulan gajinya kepada para dhuafa di bulan yang penuh barakah ini. Paket tersebut terdiri dari beras 2 bambu, minyak bimoli 1 Kg, gula 1 Kg dan sirop cap patung 1 botol.

“Para penerima adalah keluarga anak yatim dan dhuafa binaan bimbingan belajar gratis kita sejak dua tahun lalu. Sedangkan pemberinya adalah seorang hamba Allah yang bekerja pada salah satu instansi pemerintah sejak dua bulan terakhir. Semoga menghadirkan barakah buat semuanya”, ungkap Riski Sopya di sela-sela kegiatan.

Sebelumnya, di awal Ramadhan ini RUMAN Aceh juga mendistibusikan 8 paket sembako khusus buat anak yatim dari seorang hamba Allah. Sedangkan pada Ramadhan 1435 RUMAN Aceh membagikan 65 paket sembako donasi dari pasangan suami istri muslim Singapura.

Sebagai informasi, RUMAN Aceh didirikan pada 9 September 2010 oleh Ahmad Arif dan Riski Sopya. Kini, RUMAN Aceh memiliki 4 program utama yang rutin dilaksanakan secara cuma-cuma alias gratis plus 1 program tambahan.

Satu, bimbingan belajar sekaligus balai pengajian dengan 130 murid usia preschool dan Sekolah Dasar yang belajar setiap Senin hingga Kamis petang. Dua, kursus jahit bagi remaja putrid dan ibu-ibu yang telah menyelesaikan 5 gelombang dengan 65 peserta.

Tiga, MIBARA (minggu baca rame-rame) setiap Ahad pagi. Empat, rumah pustaka yang telah tersebar 10 titik di Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya dan Lhokseumawe.

Adapun program tambahan adalah Kita Sahabat Rohingya yang dimulai pada 18 Mei 2015. Hingga 24 Juni kemarin telah disalurkan Rp 430 juta dari 691 juta donasi yang masuk dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, Australia, Uni Emirat Arab, Thailand, USA dan Singapura.

“Sejak 3 pekan lalu kita telah memulai tahap trauma healing, pendidikan dan keterampilan hingga setahun ke depan. Insya Allah. Bagi yang ingin berbagi dalam lima program utama tersebut, silahkan menghubungi FB Ruman Aceh. Atau ke nomor 085262703479”, ujar Ahmad Arif, pendidik sekaligus Direktur RUMAN Aceh.

Loading...