Berdalih Waktu Mepet, Pemkab Lampura Kembali Tunda Program Pansimas 2019

  • Bagikan
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

Feaby Handana| Teraslampung

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara kembali ‘ingkar janji’ untuk merealisasikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) tahun 2020 kepada sembilan desa penerima pada tahun ini. Sempitnya waktu yang tersedia untuk melaksanakan program itu menjadi alasan utamanya.

“Program Pansimas tahun 2019 yang dialokasikan anggarannya ‎dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2020 terpaksa kembali ditunda,” terang Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lampung Utara, Adrian, Selasa (24/11/2020).

Kebijakan untuk kembali menunda pelaksanaan Pansimas yang bersumber dari dana pendamping tahun 2019 silam itu dikarenakan waktu yang tersedia dianggap tidak memungkinkan. Jika dipaksakan maka hasilnya tidak akan sesuai harapan.

“Pelaksanaannya akan dilaksanakan di Perubahan APBD tahun 2021 mendatang,” jelasnya.

Adrian meyakini, penundaan itu tidak akan berimbas terhadap ‘jatah’ Pansimas Lampung Utara pada tahun 2021 mendatang. Keyakinannya itu berdasar pada alasan yang melatarbelakangi penundaan tersebut.

“Kan sudah dianggarkan di Perubahan APBD, tapi karena waktunya tidak memungkinkan maka‎ terpaksa ditunda,” kata dia.

Sebelumnya, Tahun 2019 silam, Lampung Utara mendapat jatah 45 desa untuk program Pansimas. Dari 45 desa itu, 9 di antaranya merupakan desa pendamping yang sumber dananya berasal dari APBD Lampung Utara. Total anggaran pendamping yang telah dialokasikan dalam APBD 2019 itu hanya sebesar Rp2,2, miliar atau hanya sekitar 0,1 persen dari total APBD 2019 yang mencapai Rp1,9 triliun.

Lantaran kondisi keuangan yang tak memungkinkan, Pemkab Lampung Utara terpaksa menunda pelaksanaan Pansimas untuk ke-9 desa tersebut pada APBD Perubahan tahun 2020. Penundaan itu disampaikan kepada pemerintah pusat oleh Wakil Bupati Budi Utomo melalui sebuah surat resmi.

 

  • Bagikan