Berhasil Kendalikan Covid-19, Gubernur Lampung Diapresiasi Kepala BNPB

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengapresiasi  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi karena dinilai berhasil melakukan penanganan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Lampung dengan sangat baik.

“Terimakasih kepada Pak Gubernur dan Bupati/Walikota yang telah bekerja keras dalam pengendalian Covid-19. Lampung memiliki prestasi yang cukup baik. Angka kasus aktifnya itu jauh dari angka kasus aktif nasional. Kalau angka kasus aktif nasional mencapai 9,16% maka kasus aktif Lampung 4,59%. Angka kesembuhannya juga masih di atas angka kesembuhan nasional, angka kesembuhan nasional 88,16% dan Lampung 90,09%,” kata Doni Monardo dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Gedung Pusiban, Bandarlampung, Jum’at (19/3/2021).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengatakan, masih ada yang belum optimal, yaitu angka kematian di Lampung mencapai 5,32%, sedangkan angka kematian Nasional 2,71%.

Doni mengatakan, berdasarkan  pembicaraan dengan  Gubernur Arinal dan Bupati/Walikota serta Kadis Kesehatan Provinsi Lampung terlihat bahwa angka kematian itu terjadi paling banyak pada periode bulan Januari 2021.

Langkah yang perlu dilakukan, ujar Doni, yaitu evaluasi terhadap seluruh tim yang bergabung.

“Kalau pengalaman kami di Satgas, yang pertama adalah kelompok yang rentan, di mana yang meninggal adalah mereka yang berusia di atas 47 tahun dan memiliki komorbit. Adapun langkah penanganan yang lebih baik adalah mengetahui gejalanya dari awal, dan jangan sampai terlambat membawa ke rumah sakit,” ujar Doni Monardo.

Kemudian, lanjutnya, disiplin dalan mematuhi prosedur dan menerapkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, menjaga kekompakan dan tetap konsistensi.

Pada kesempatan itu, Doni Monardo juga mengapresiasi kehadiran seluruh Bupati/Walikota. “Salah satu hal yang dapat mengendalikan Covid-19 ini, kalau para pemimpinnya kompak, saling berkoordinasi, dan komunikasi dengan baik,” ujarnya.

Dalam acara Rakor tersebut, BNPB menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Lampung senilai Rp 2,945 miliar yang terdiri dari PCR Mbiocov 7.500 Test, RNA General Biological 2.500 Test, VTM Thorax 5.000 Test, Rapid Test Antigen 10.000 test, dan masker kain sebanyakk 50.000 lembar.

Loading...
  • Bagikan