Berkas Perkara Dua Tersangka Pembunuhan Bunga Fikalia Dilimpahkan ke Kejaksaan pada Pekan Depan

  • Bagikan
Para tersangka menjalankan adegan rekonstruksi pembunuhan Bunga Fikalia di PKOR Way Halim, Rabu (12/4/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Penyidik Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung pekan depan akan melimpahkan berkas perkara tahap pertama dua tersangka pembunuhan dan pencurian dengan kekerasan terhadap Bunga Fikalia (17) ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung.

Bunga Fikalia adalah Fikalia (17), adalah warga Dusun Sukarame, Kecamatan Natar, Lampung Selatan yang dibunuh secara sadis oleh beberapa remaja,beberapa waktu lalu.

“Pekan depan akan kami limpahkan berkas perkara tahap pertama, yakni untuk dua tersangka pembunuhan yang bukan di bawah umur. Mereka adalah Fajar alias Japra (26) sebagai eksekutor dan Ilham alias Taweng (20), ” kata Kasubdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, AKBP Roy Satya Putra , kepada Teraslampung.com,  di Mapolda Lampung, Kamis (27/4/2017).

Dikatakannya, berkas perkara kelima tersangka dilakukan terpisah, sebab dari kelima tersangka yang ditangkap tiga tersangka berinisial Ir (17), AN (17) dan SL (16) masih di bawah umur. Namun berkas ketiganya, sudah dinyatakan lengkap (P-21) dan dilimpahkan ke Kejaksaan, Senin (20/4/2017) lalu.

“Berkas perkaranya dibuat terpisah, karena dari lima tersangka tiga diantaranya masih dibawah umur. Hal dilakukan, untuk pembuktian satu sama lain,”ungkapnya.

Menurutnya, hasil pemeriksaan tersangka Fajar alias Japra dan Ilham alias Taweng, tidak ada keterangan baru dari kedua tersangka. Mereka mengakui, melakukan pembunuhan terhadap Bunga.

“Sejauh ini tidak ada kekurangan dan kesulitan untuk dua tersangka, hanya tinggal melengkapi berkasnya saja,”paparnya.

Dari pelimpahan tahap pertama itu, kata Roy, apakah ada petunjuk jaksa yang harus dilengkapi lagi atau tidak. jika memang tidak ada kekurangan, secepatnya akan dilimpahakan tahap dua berkas perkara keduanya ke Kejaksaan.

“Dari pelimpahan tahap pertama ini, mudah-mudahan saja tidak ada kekurangan. Sehingga secepatnya bisa tahap dua, berkas dan tersangka segera dilimpahkan,”jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bunga Fikalia (17) warga Dusun Sukarame, Natar, Lampung Selatan, ditemukan tewas bersimbah darah hingga usus terburai di Dusun Karang Indah, Desa Karang Nayar, Jati Agung, Lampung Selatan, Senin (3/4/2017) malam sekitar pukul 17.30 WIB.

Ditubuh korban, ditemukan beberapa luka bacokan senjata tajam, korban tewas ditangan komplotan begal dan sepeda motor Honda Beat yang dikendarai korban tidak ditemukan.

Jasad korban pertamakali ditemukan oleh petugas kepolisian setempat, yang saat itu sedang melintas di jalan tersebut. Selanjutnya, petugas membawa jasad Bunga ke Rumah Sakit Bhayangkara (RSB).

Bunga dibantai diatas motornya oleh kelima pelaku, tersangka Fajar adalah sebagai eksekutor atas perintah Ir lantaran sakit hati, karena pacarnya menjalin hubungan asmara dengan Bunga. Fajar menerima saran Ir, lalu kelima tersangka merencanakan aksi pembegalan disertai pembunuhan terhadap Bunga.

  • Bagikan