Beranda Hukum Kriminal Berkas Selesai, Tersangka Pembunuh Pegawai Universitas Malahayati Segera Disidang

Berkas Selesai, Tersangka Pembunuh Pegawai Universitas Malahayati Segera Disidang

45
BERBAGI
Tersangka Camelia (pegang kayu balok) saat memperagakan cara menghabisi nyawa Sofyan di hadapan petugas dengan menggunakan kayu balok saat berada di dalam kamar kos miliknya, saat prarekonstruksi, beberapa waktu lalu. (Ilustasi)

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Berkas kasus pembunuhan korban M. Sofyan, Kepala Bagian Kepegawaian Universitas Malahayati (Unimal), telah selesai dan dinyatakan lengkap (P-21)  oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung. Dengan demikian, tersangka Camelia akan segera disidangkan.

“Karena sudah lengkap, tersangka dan barang bukti (tahap dua) kasus pembunuhan M Sofyan sudah kami limpahkan ke Kejari Bandarlampung pada Kamis (12/11/205) lalu,”kata Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, saat ditemui di ruangannya, Senin (16/11).

Terpisah, sementara salah tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bandarlampung, Tri Wahyu Pratekta saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan tahap dua kasus pembunuhan M. Sofyan dengan tersangka Camelia.

“Ya kami sudah terima tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan M. Sofyan atasnama
Camelia,”kata Tri.

Dikatakannya, saat ini tim JPU sedang mempersiapkan dengan menyusun surat dakwaan terhadap tersangka Camelia.

BACA: Pembunuhan Pegawai Universitas Malahayati: Tujuh Fakta dan Cinta Segitiga

“Mungkin seminggu lagi surat dakwaannya sudah rampung, selanjutnya dilimpahkan ke persidangan. Kalau untuk teman prianya, oknum anggota TNI kami tidak menerima, kerna disidangnya di Mahkamah Militer,”ujarnya.

Menurutnya, tersangka Camelia dijerat dengan Pasal 340 dan 338 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling singkat 15 tahun dan maksimal 20 tahun.

Sofyan ditemukan tewas di sebuah kamar kos yang dihuni oleh tersangka Camelia, di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan pada Minggu (13/9) siang lalu.

BACA: Ini Alasan Camelia Membunuh Pegawai Universitas Malahayati

Dari hasil penyelidikan, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung berhasil mengidentifikasi pelaku pembunuhan dan menangkap Camelia bersama seorang pria yang diketahui oknum TNI-AD Prada Dadi anggota Kompi C Banyu Urip, Kotabumi, Lampung Utara di daerah Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/9) malam. Namun sejak dua bulan terakhir, Prada Dadi masuk dalam daftar desersi dan kini masih diproses di POM AD.


SIMAK: Beginilah Cara Camelia Menghabisi Nyawa Karyawan Universitas Malahayati