Berlibur dan Investasi

  • Bagikan

Paula Rianty Komarudin*

Saya baru kembali dari liburan bersama teman-teman SMP. Bertemu dengan teman-teman lama merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Bernostalgia, ngobrol perihal segala macam, bercanda, ketawa ketiwi, waaahh seru dan rame judulnya!  Berlibur …. menurut pemikiran sebagian orang merupakan barang mewah, yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya uang saja. “Boro-boro mikirin liburan mbak ….. lah wong buat bayar uang sekolah anak aja masih bingung!”, itulah komentar yang sering terdengar.

Wah kalau menurut pendapat saya sih …. berlibur adalah hal yang wajib. Setelah bekerja keras, sudah merupakan hak Anda untuk liburan. Tahukah Anda, bahwa untuk dapat berlibur, sebenarnya mudah kok, kuncinya adalah perencanaan. Yang Anda harus persiapkan adalah anggaran dana liburan yang dibutuhkan dan lakukan sejak sekarang bukan menunggu sampai dekatnya waktu liburan. Dengan perencanaan yang baik, liburan akan berjalan lancar, berkesan dan menyenangkan.

Yuk mari membahas persiapan liburan Anda dari sisi finansial….

Pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi atau tempat tujuan liburan. Maklumlah, sedikit banyak, tempat berlibur akan berpengaruh terhadap besaran pengeluaran dan kebutuhan dana liburan Anda. Ada sebagian orang yang memilih berlibur keluar negeri. Sedangkan sebagian orang lagi memilih tujuan liburan yang lebih sederhana, seperti di dalam negeri atau malah hanya di dalam kota saja. Karena itu, tentukan tempat tujuan liburan Anda terlebih dahulu sehingga persiapan dana liburan dapat dilakukan secara optimal.

Ada sebagian orang yang ingin liburannya lebih personal. Dan bila ini adalah pilihan Anda, maka Anda harus merencanakan sendiri seluruh detail liburan tersebut. Mulai dari mencari tiket transportasi, seperti pesawat terbang atau kereta api, sampai akomodasi lain seperti penginapan selama di tempat tujuan. Anda juga harus menentukan sendiri detail tempat atau lokasi yang akan dikunjungi selama liburan tersebut.

Membuat perencanaan liburan yang personal memang memakan waktu. Namun,  hal itu akan sebanding dengan kepuasan yang didapat, karena liburan menjadi lebih sesuai dengan keinginan Anda dan bisa dicocokan dengan anggaran yang tersedia. Yang pasti, dalam merencanakan liburan secara personal, Anda harus memastikan semua biaya secara detail dan memasukkannya ke dalam perhitungan perencanaan dana liburan.

Sementara itu, jika tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan secara sendiri, Anda bisa memanfaatkan paket penawaran yang disediakan oleh beberapa agen atau biro perjalanan wisata. Mereka biasanya sudah menyediakan paket berdasarkan daerah tujuan serta jangka waktu liburan. Biasanya di paket yang mereka tawarkan sudah mencakup semua biaya inti dari perjalanan liburan tersebut. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan biaya tambahan yang memang tidak ditutupi  oleh paket tersebut. Diantaranya dana belanja untuk keperluan pribadi dan biaya transportasi di luar paket perjalanan.

Kedua, tetapkan berapa dana yang siap Anda gelontorkan untuk belanja selama berlibur.

Ketiga, hal yang paling penting! Buat dan rencanakan anggaran liburan sejak awal tahun secara rinci. Jangan mengganggu kebutuhan inti Anda setiap bulannya, sisihkan setiap bulan dana yang diperlukan selama kurang lebih 1 tahun, atau bahkan bisa 2-5 tahun. INVESTASI-kanlah dana tersebut. Reksa Dana dapat dijadikan pilihan investasi untuk jangka waktu diatas 1 tahun. Ada beberapa jenis reksa dana yang dapat Anda pilih:

• Reksa dana saham
• Reksa dana campuran
• Reksa dana pendapatan tetap

Bagi Anda yang sudah terbiasa membuat anggaran liburan setiap tahun, tentu tidak akan merasa terlalu direpotkan dengan biaya-biaya dadakan yang harus dikeluarkan. Jika sudah membuat anggaran liburan sejak awal, biasanya Anda juga telah memiliki gambaran tujuan dan biaya yang dibutuhkan. Sehingga dana yang Anda butuhkan sudah tersedia dan siap di rekening Anda pada hari-H liburan.

Kebalikan apabila Anda yang belum mempersiapkan anggaran jauh hari sebelumnya, lantaran ide atau keinginan liburan yang mungkin datang agak mendadak ….. tentunya Anda akan menghadapi kesulitan.
Maklum karena Anda perlu mempersiapkan dana liburan dalam waktu yang terbatas. Nah … bagaimana menyiasatinya dalam kondisi seperti itu? Yang bisa Anda lakukan adalah menggali sumber pendanaan dari berbagai dana yang diterima. Misalnya, Anda bisa mengandalkan bonus atau tunjangan hari raya (THR).

Dana itulah yang dapat dipakai untuk membiayai kebutuhan dana liburan.
Setelah menikmati liburan, tugas Anda selanjutnya adalah mempersiapkan lagi anggaran dana liburan berikutnya, tujuannya agar Anda dapat menikmati liburan yang lebih berkesan dibandingkan liburan sebelumnya. Hehehehe … hidup cuma sekali, selagi masih bisa berlibur yuuuuukk mareeee .

*Marketing Director PT Ciptadana Asset Management

  • Bagikan