Bermain Sederhana ala Conte

  • Bagikan
Antonio Conte (Foto: theguardian.com)

Oleh: Arizka Warganegara

Chelsea ala Antonio Conte masuk dalam jajaran klub elite Inggris Raya kembali dalam beberapa pekan terakhir. Bersama klub saya (Liverpool), biru dan merah ini kemungkinan akan menjadi calon potensial juara Liga Premier Inggris. Kedua manajer, baik Klop dan Conte, punya genetika yang mampu membangkitkan semangat juang anak asuhnya. Yang membuat beda tentu saja ada. Conte mantan pemain bola profesional sehingga ia bisa memakai pengalaman sebagai guru terbaik.

Saya coba melihat Conte dari sisi yang berbeda: lahir sebagai pemain profesional kemudian menjadi manajer klub tentu menjadi karir ideal bagi seorang Conte. Apa yang Conte punya? Tentu saja lecutan semangat dan menjaga keutuhan tim menjadi poin menarik dari Conte, di saat semua sudah hampir ‘give up’ dengan sosok Costa, Conte-lah yang mampu melecut Costa memberikan penampilan terbaik pun begitu dengan Moses, pemain ‘buangan’ Jose Mou saat ini menjadi vital buat Chelsea walaupun Moses harus rela ditempatkan oleh sang Manajer pada posisi yang bukan ideal bagi dirinya.

Apa filosofi Conte? sebagai orang Italia dan tidak pernah merumput di luar Italia karakter permainan corto stretto atau pendek merapat dengan menjaga keseimbangan antara bertahan dan menyerang menjadi ciri khas dari manajer ini. Pun, dengan ciri khas yang lain one two touch serangan balik. Bertahan dengan baik, kemudian melancarkan serangan balik dengan cepat seperti apa yang diterapkan kontra Manchester City.

Tentu Chelsea punya kelemahan, Hazard depedenzia atau ketergantungan terhadap Hazard plus kedalamam skuad yang masih diragukan dan apabila beberapa pemain inti seperti Costa, Pedro dll cidera akan membuat keseimbangan tim ini akan goyah sementara perjalanan Premier League masih panjang.

Filosofi bermain bola Conte sederhana saja bahkan tidak mengenal statistik. Conte bekerja dengan sense (mungkin juga sixth sense-red) bekerja keras, keep your playing spirit high dan konsentrasi penuh dalam setiap pertandingan menjadi modal Chelsea dapat bersaing dengan klub besar lainnya.

Perjalanan masih panjang. Namun, setidaknya 8 kemenangan terakhir Chelsea dengan hanya kebobolan 2 gol menjadikan Chelsea mempunyai peluang untuk setidaknya runner up tahun ini. Congratulazione il grande allenatore Antonio!

* Arizka Warganegara adalah staf pengajar FISIP Unila yang sedang studi S3 di University of Leeds. Tinggal di Leeds, Inggris. 

  • Bagikan