Beranda Teras Berita Bersikap Realistis, Demokrat dan PKS Mulai Dekati Prabowo

Bersikap Realistis, Demokrat dan PKS Mulai Dekati Prabowo

155
BERBAGI
Prabowo (dok Jakarta Post)

Bambang Satriaiji, R. Usman/Teraslampung.com

Jakarta–Pascapenghitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei, para petinggi Partai Demokrat kini lebih bersikap realistis. Perolehan suaranya yang jauh di bawah target, membuat para petinggi Partai Demokrat tidak terlalu ‘antusias’ lagi dengan konvensi capres Partai Demokrat yang awalnya diancangkan untuk menjaring capres terbaik partai berlambang mersi itu. Kabarnya, Partai Demokrat kini mulai merepat ke Prabowo.

Kabarnya, Demokrat  sudah menyiapkan dua tokoh sipil untuk ditawarkan ke Prabowo sebagai bakal calon wakil presiden. Ketua DPP Partai Demokrat Jafar Hafsah mengatakan, komunikasi politik yang dibangun antara Prabowo dan SBY cukup intens. Jafar juga sering hadir dalam pertemuan kedua tokoh tersebut.

“Saya sendiri kan di awal bertemu Prabowo dan SBY beberapa kali, kemudian bertemu secara periodik kemarin beberapa waktu lalu di Istana, sebelum pileg, membicarakan kaie depan bagaimana,” katan Jafar, di Jakarta, Selasa (15/4).

Menurut Jafar, Prabowo dan SBY memiliki kedekatan sebagai sesama purnawirawan TNI. Prabowo dengan SBY, kata Jafar,  bersahabat dekat.

Jafat menjelaskan, raihan 10 persen Demokrat di legislatif cukup kuat untuk menentukan peta koalisi. Demokrat kemungkinan besar akan mengajukan cawapres untuk Prabowo. Cawapres yang akan diajukan nanti adalah sosok yang bisa melengkapi Prabowo.

“Kalau Prabowo tentu dipasangkan dengan nonmiliter. Taruhlah dia tentara, tentu bukan tentara yang berasal Jawa . Cari yang bukan Jawa,” ujarnya.

Kabar lain yang beredar di kalangan wartawan, Demokrat menyiapkan empat nama untuk bakal cawapres. Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mantan Menteri Perindustrian Gita Wirjawan, mantan KSAD Pramono Edhie, dan mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Pati Djalal.

Pendekatan juga sedang dilakukan oleh para petinggi PKS. Bakal calon presiden RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan menegaskan, siap diduetkan dengan Prabowo Subianto.

Aher, sapaan akrabnya, mengaku PKS sudah menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra terkait Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014.

Gubernur Jawa Barat ini mengaku siap jika PKS menunjuknya sebagai calon wakil presiden mendampingi bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Ya, mudah-mudahan. Semuanya masih dalam proses. Tentu saja prosesnya tidak langsung dengan saya, tetapi dengan pengurus PKS pusat,” kata Aher, di Bandung, Selasa (15/4).

Aher mengaku, dengan perolehan suara pemilu legislatif di bawah 10 persen, PKS sekarang akan lebih realistis dalam melihat pencapresan.

“Kami realistis saja.Kalau target capres tidak tercapai ya cawapres, sehingga bentuk koalisinya ke depan akan terlihat,” kata dia. (Mas Alina Arifin)

Loading...