Beranda News Kesehatan Besok, 240 Warga Lampung Penderita Katarak Dioperasi

Besok, 240 Warga Lampung Penderita Katarak Dioperasi

431
BERBAGI
Operasi Katarak (Foto @tribunnews)

TERASLAMPUNG.COM  – Sebanyak 240 penderita katarak akan dilakukan operasi, besok, Jumat (24/11/2017). Program ini merupakan wujud perhatian Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo kepada masyarakat yang tidak mampu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Menurut Gubernur Ridho, hingga saat ini masih banyak penderita  katarak yang  tidak mampu berobat.

“Saya berterimakasih penderita katarak telah memanfaatkan kesempatan ini,” kata Ridho, Kamis (23/11/2017).

Gubernur Ridho juga mengucapkan terimakasih kepada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) yang telah mempersiapkan program ini jauh-jauh hari dengan sebaik mungkin. Dengan ini saya meminta penderita dapat diatur akomodasi terutama bagi warga Lampung yang jauh dari RSUDAM. Kata Ridho

Gubernur Lampung melalui Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) sudah membuka pendaftaran yang berlangsung sejak 1 Oktober hingga 18 November 2017 yang lalu. Setiap peserta harus melewati tiga tahapan, yakni pasien harus dipastikan menderita katarak atau bukan berdasarkan surat keterangan dokter puskesmas setempat.

Sementara Kepala Direktur RSUDAM, Hery Djoko Subandriyo mengatakan telah menerima 240 pendaftar mengidap penyakit katarak yang dibuka pada tanggal 1 Oktober 2017 lalu.

“Program ini akan dilangsungkan operasi katarak besok, pada pukul 10.00 pagi. Ujar nya menghadiri Paripurna, Kamis (23/11/2017).

Selain operasi katarak gratis, gubernur juga menggratiskan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA dan papsmear bagi guru SMA/SMK di Bandarlampung.

’’Kami juga mengajak masyarakat ikut menyumbangkan darah pada aksi donor darah pada tanggal 25 November mendatang,” katanya.

Loading...