Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Besok 44 Eks Anggota Gafatar Lampung Utara Dipulangkan ke Kampung Halamannya

Besok 44 Eks Anggota Gafatar Lampung Utara Dipulangkan ke Kampung Halamannya

46
BERBAGI
Sekretaris Kabupaten Samsir (kanan - depan) memberikan masukan atau nasihat kepada warga eks anggota Gafatar di lokasi penampungan sementara yang dipusatkan di kompleks Islamic Center Kotabumi, Senin (1/2/2016).

Feaby/Teraslampung.com

Ko‎tabumi–Pemkab Lampung Utara akan mengembalikan ke-44 warga eks.pengikut Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) yang ditampung sementara di Kompleks Islamic Center Kotabumi ke kampung halaman mereka masing – masing pada Selasa (2/2).

“Mulai besok, mereka (eks anggota Gafatar) akan dikembalikan ke Desa masing – masing di Desa Bumi Restu, Kecamatan Abung Surakarta,” kata Sekretaris Kabupaten Samsir, usai menemui rombongan eks. Gafatar di lokasi penampungan sementara yang dipusatkan di kompleks Islamic Center, Kotabumi, Senin (1/2).

Samsir mengatakan, ke-44 warga yang ditampung pada penampungan sementara usai dipulangkan dari Provinsi Kalimantan Barat kebanyakan berasal dari satu desa yakni Desa Bumi Restu. Alasan pemulangan ini dikarenakan mereka masih memiliki keluarga di desa tersebut. Dengan demikian, setidaknya mereka tak akan terlantar karena masih dapat tinggal ‎di desanya.

“Kebanyakan mereka masih punya orang tua dan sanak saudara di sana. Hanya ada satu warga yang bukan warga kita tapi warga Pesawaran dan akan dijemput oleh keluargnya,” paparnya.

Kendati akan mengembalikan mereka ke kampung halamannya, ‎mantan pejabat Pringsewu ini menuturkan pihaknya akan tetap melakukan pembinaan dan pemantauan kepada para warga tersebut. Tujuannya supaya tak ada konflik sosial di kalangan masyarakat saat mereka berbaur dengan masyarakat.

‎”Meski kami sendiri tak mau memvonis mereka itu eks anggota Gafatar atau bukan, tapi tetap akan kami lakukan pembinaan kepada mereka. Dengan begitu, potensi konflik atau gesekan akan dapat diminimalisir,” urai dia.

Sebelumnya,‎ 44 warga Lampung Utara eks anggota Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) yang dipulangkan dari Provinsi Kalimantan Barat tiba Kompleks Islamic Center, Kotabumi, Minggu (31/1) sekitar pukul 11:30 WIB.

Kedatangan rombongan eks. anggota Gafatar yang menaiki dua bus ini disambut oleh Asisten II Sekretaris Kabupaten, Fahrizal Ismail yang didampingi oleh beberapa pejabat teras Pemkab seperti Kepala Dinas Perhubungan, Amran Yazid, Kepala Dinas Sosia, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Dina Prawita Rini, dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Satuan Pol-PP, Panca Nanda.