Beranda Ruwa Jurai Besok Ada Penyeberangan Gratis untuk Pemudik Sepeda Motor, Ini Jadwal dan Syaratnya

Besok Ada Penyeberangan Gratis untuk Pemudik Sepeda Motor, Ini Jadwal dan Syaratnya

254
BERBAGI
Para pemudik yang menggunakan sepeda motor saat tiba di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (9/6/2018)
Para pemudik yang menggunakan sepeda motor saat tiba di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (9/6/2018)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN-Memasuki H-9 Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Merak-Bakauheni, Selasa 28 Mei 2019 besok memberikan pelayanan penyeberangan gratis untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penyeberangan gratis tersebut, dilakukan dalam dua waktu penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

“Selasa 28 Mei 2019 besok, ada penyeberangan gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Untuk jadwal pelayanannya, ada dua jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni yakni pukul 10.00 WIB dan 12.00 WIB,”kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap, Senin (27/5/2019).

Saiful mengatakan, penyeberangan gratis untuk pemudik pengendara sepeda motor ini, hanya ada dua waktu penyeberangan yakni dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Sedangkan untuk dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, tidak diberlakukan gratis.

Mengenai pendaftaran penyeberangan gratis untuk pemudik sepeda motor tersebut, kata Saiful, berakhir pada hari ini, Senin 27 Mei 2019 dan untuk pendaftarannya ada di Pelabuhan Merak.

“Jadi penyeberangan gratis untuk pemudik sepeda motor ini, yakni dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni saja. Sementara untuk kapal pengangkutnya, nanti akan ditentukan,”jelasnya.

Diketahui, Kemeterian perhubungan (Kemenhub) sempat merencanakan adanya perbedaan tarif penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni pada puncak arus mudik lebaran 1440 H Tahun 2019 ini. Rencananya perbedaan tarif tersebut, tarif malam hari akan lebih mahal sekitar 20-30 persen dari tarif penyeberangan pada saat siang hari.

Kebijakan mengenai tarif tersebut, diambil setelah adanya rencana penerapan ganjil-genap dalam penyeberangan melalui selat hanya bersifat himbauan. Pemerintah sendiri, akan tetap mengacu pada koridor aturan terkait dengan rencana penerapan perbedaan tarif siang dan malam hari.

Saat disinggung terakait rencana pemerintah yang akan menerapkan perbedaan tarif siang dan malam hari, Saiful menuturkan, sejauh ini belum ada penjelasan ataupun informasi mengenai hal tersebut. Menurutnya, tarif tersebut, masih merupakan tarif yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Mengenai perbedaan tarif, sejauh ini belum ada penjelasan dan sampai saat ini masih dengan tarif sebelumnya,”ungkapnya.

Kemudian pada saat pelayanan mudik mendatang, pemerintah juga telah menyiapkan sistem ganjil-genap pada plat nomor kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni. Penerepan sistem ganjil-genap tersebut, akan mulai diberlakukan pada Pukul 20.00 WIB hingga 08.00 WIB.

Untuk di Pelabuhan Merak, penerapan sistem ganjil-genap tersebut rencananya akan diberlakukan saat memasuki H-6 dan H-4 lebaran Idul Fitri untuk plat nomor polisi genap. Kemudian pada H-5 dan H-3 untuk nomor polisi ganjil. Sedangkan di Pelabuhan Bakauheni, akan diberlakukan pada H+2 lebaran untuk plat nomor polisi genap dan H+1 dan H+3 untuk nopol ganjil.

“Penerapan sistem ganjil-genap ini bersifat himbauan. Kalau dalam penerapan plat nomor polisi ganjil, ada masyarakat yang bawa kendaraan plat nomor genap sudah sampai di Pelabuhan kita akan tetap berikan pelayanan. Begitu juga sebaliknya, dengan penerapan plat nomor genap,”terangnya.

Loading...