Biar Lebih Awet, Terapkan 5 Tips Mudah Merawat “Vacuum Cleaner” di Seperti Ini

  • Bagikan
Membersihkan lantai dengan vacuum cleaner. Sumber foto: Sumber: id.pinterest.com

Hadirnya alat vacuum cleaner sekarang ini membuat segala pekerjaan sehari-hari terasa lebih mudah untuk dilakukan, terutama dalam membersihkan rumah. Dengan menggunakan vacuum cleaner, berbagai kotoran dan debu yang menempel di lantai pun akan hilang seketika tanpa perlu tenaga lebih. Maka tidak heran, jika banyak ibu rumah tangga yang mengidamkan alat pembersih debu ini untuk memudahkannya dalam membersihkan rumah.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan perawatan pada vacuum cleaner. Padahal sama dengan alat elektronik lainnya, vacuum cleaner tetap membutuhkan perawatan yang benar dan tepat supaya tidak cepat rusak. Oleh karena itu, dibawah ini kami akan memberikan beberapa tips mudah dan tepat merawat vacuum cleaner yang bisa kamu terapkan pada alat penyedot debu milikmu.

1. Gunakan Vacuum Cleaner Hanya untuk Menyedot Debu Saja

Gunakan vacuum cleaner hanya untuk menyedot debu. Sumber foto: id.pinterest
Gunakan vacuum cleaner hanya untuk menyedot debu. Sumber foto: id.pinterest.com

Kegunaan vacuum cleaner hanya untuk menyedot debu dan kotoran berpartikel kecil. So, hindari memakai vacuum cleaner buat menydot kotoran yang berpartikel besar demi menjaga keawetan alat penyedot debu. Jika dilakukan, hal ini hanya akan membuat mesin menjadi cepat rusak, karena partikel besar yang masuk bisa menghambat saluran dalam mesin vacuum cleaner. Secara perlahan partikel yang tersumbat ini akan merusak bagian komponen dalam alat penyedot debu milikmu.

2. Hindari Menggunakan Vacuum Cleaner di Area yang Basah

Hindari area basah. Sumber foto: id.pinterest.com

Vacuum cleaner umumnya digunakan untuk menyedot debu dan kotoran kering. Namun ada juga vacuum cleaner wet and dry yang memang dirancang khusus untuk menghisap kotoran kering dan juga cairan basah. Tetapi jika alat penyedot debu milikmu hanya dikhususkan untuk menyedot debu-debu kering, sebaiknya hindari menggunakan vacuum cleaner di area yang basah. Pasalnya air yang masuk ke dalam mesin vacuum cleaner dapat menimbulkan karat yang dimana karat ini bisa merusak komponen-komponen alat penyedot debu dengan cepat. Maka dari itu, sebagai tips merawat vacuum cleaner yang tepat, hindari penggunaan alat tersebut di area yang basah. Kalau memang ingin membersihkan tempat yang basah, alangkah baiknya lap terlebih dahulu sampai kering.

3. Selalu Cek Wadah Debu

Jangan lupa mengecek wadah debu. Foto: id.pinterest.com

Kamu juga perlu mengecek wadah penyimpanan debu saat melakukan perawatan pada vacuum cleaner. Jika wadah debu tampak hampir penuh dengan kotoran dan debu membandel, langsung bersihkan dan kosongkan. Alat penyedot debu tidak bakal bekerja dengan baik kalau kantong debunya masih terisi penuh. Performa daya hisapnya akan menurun karena debu dan kotoran yang baru masuk tidak bisa ditampung. Daya hisap vacuum cleaner pun akan melemah kalau hal ini dibiarkan terus menerus.

4. Jangan Paksakan Mesin Vacuum Cleaner untuk Terus Bekerja

Komponen vacuum cleaner harus rutin dibersihkan. Foto: id.pinterest.com
Komponen vacuum cleaner harus rutin dibersihkan. Foto: id.pinterest.com

Kinerja mesin menjadi salah satu hal yang patut kamu perhatikan saat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran membandel. Kalau mesin mengeluarkan suara aneh saat sedang digunakan atau mesin yang tiba-tiba panas, sebaiknya berhenti sejenak dan cek bagian dalamnya. Karena hal ini bisa saja diakibatkan oleh partikel-partikel yang menyumbat bagian pipa.

Jika sedang menghadapi hal tersebut, jangan khawatir sebab kamu hanya perlu membersihkan bagian vacuum cleaner yang tersumbat. Selain itu, pemakaian alat penyedot debu yang terlalu lama juga menjadi faktor mesin mengeluarkan suara yang tidak biasa dan terasa panas. Cobalah istirahatkan sejenak vacuum cleaner sebelum nantinya digunakan kembali.

5. Rutin Membersihkan Komponen pada Vacuum Cleaner

Membersihkan lantai dengan vacuum cleaner. Sumber foto: Sumber: id.pinterest.com

Ini merupakan langkah paling penting yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin memiliki vacuum cleaner yang awet dan tahan lama. Membersihkan vacuum cleaner secara rutin akan membuat performanya bekerja dengan optimal. Komponen-komponen yang perlu kamu jaga kebersihannya dan harus dibersihkan adalah kantong debu, pipa dan filter. Lakukanlah pembersihan setiap selesai menggunakannya. Setelah dibersihkan, langsung simpan alat vacuum cleaner di area yang kering.

Setelah mengetahui tips-tips mudah merawat vacuum cleaner di atas, jangan lupa terapkan dengan baik, ya.

Buat kamu yang sedang mencari vacuum cleaner berkualitas baik dan berbagai alat elektronik lainnya, tapi masih bingung ingin beli dimana, belanja di Shopee jawabannya! Di tanggal 14 Juni 2021, Shopee mengadakan kampanye belanja Mega Elektronik Sale yang menawarkan banyak promo-promo menarik dan menguntungkan, lho. Selain bisa COD, kamu juga bisa mendapatkan promo Ekstra Cashback 50%, Garansi 100% Ori, sampai Extra Gratis Ongkir untuk belanja vacuum cleaner dan barang elektronik lainnya dengan lebih hemat. Tunggu apalagi? Yuk langsung cek aplikasi Shopee kamu sekarang juga biar tidak ketinggalan dengan promo-promo yang ada!

 

 

  • Bagikan