Beranda Pendidikan Biaya Kuliah Jalur Mandiri di Unpad Mencapai Rp250 Juta

Biaya Kuliah Jalur Mandiri di Unpad Mencapai Rp250 Juta

655
BERBAGI
Kampus Unpad (Foto Tempo.co)

TERASLAMPUNG.COM — Dua PTN di Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sama-sama mempunyai program penerimaan mahasiswa lewat jalur mandiri. Biaya kuliah lewat jalur mandiri di dua PTN itu tidak murah: UPI Rp 380 juta, sedangkan Unpad mencapai Rp250 juta.

Universitas Padjadjaran (Unpad) mengalokasikan 25 persen daya tampung dari jalur SNMPTN. Sebanyak 50 persen dari jalur SBMPTN, dan 25 persen dari jalur seleksi mandiri.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus, khusus untuk jalur mandiri peserta yang lolos akan diminta dana pengembangan. “Variasinya dari Rp25 juta hingga 250 juta,” katanya.

Soal besaran UKT 2019, gambarannya bisa mengacu pada ketentuan Surat Keputusan Rektor Unpad untuk UKT 2017/2018. Pada tabel UKT itu, Unpad membagi biaya kuliah per semester menjadi lima kelompok selain untuk peserta Bidikmisi.

UKT kelompok satu ditetapkan seragam ke semua fakultas hingga program studi yaitu Rp500 ribu. UKT kelompok dua juga sama sebesar Rp1 juta per semester.

Besaran UKT kelompok tiga umumnya Rp2,5 juta, kecuali Kedokteran Hewan Rp4 juta dan Pendidikan Dokter Rp5 juta. Adapun UKT kelompok empat dan lima banyak variasi angkanya per program studi. Kisarannya mulai Rp3,5 hingga 13 juta per semester.

UKT termahal di Unpad yaitu Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi masing-masing Rp13 juta per semester. Teknik Elektro dan Farmasi masing-masing Rp10 juta per semester. Adapun Teknik Geologi Rp9 juta per semester.

Menurut Staf Unit Layanan Terpadu UPI Bandung, Rafaida Putri Rahmania, universitas yang dahulu bernama IKIP Bandung itu, tahun ini menerima 7.800 mahasiswa baru tersebar di kampus utama di Bandung dan lima kampus daerah di Cibiru, Sumedang, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Serang.

Mahasiswa baru itu terdiri atas 2.522 dari jalur SNMPTN (28,99 persen), 3.793 peserta SBMPTN (43,60 persen), dan 2.385 peserta seleksi mandiri (27,41 persen).

Menurut Rafaida, UKT untuk mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN terbagi atas 8 kelompok. “Dimulai dari Rp 500 ribu sampai Rp7,8 juta per semester,” katanya Jumat, 22 Maret 2019.

Khusus mahasiswa baru dari seleksi mandiri, nantinya diberlakukan dana kuliah yang berbeda hitungannya. Orang tua wajib membayar empat komponen, di antaranya Rp1,5 juta untuk biaya registrasi.

Selain itu ada kopmponen biaya penyelenggaraan pembelajaran, biaya pengembangan fasilitas dan mutu akademik, serta dana pengembangan lembaga jumlahnya beragam. Total dari empat komponen itu berkisar Rp18 jutaan hingga Rp38 juta.

Tempo.co

 

Loading...