Biaya Logistik dalam Pilkades Lampung Utara Sebesar Rp644 Juta

  • Bagikan

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Dari total Rp1,2 miliar dana Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Lampung Utara, separuh lebih di antaranya dihabiskan untuk kebutuhan logistik dalam Pilkades. Pelaksanaan pemilihan sendiri dijadwalkan dilaksanakan pada 8 Desember mendatang.

“Alokasi anggaran untuk keperluan dalam Pilkades seperti surat suara, kotak suara mencapai sekitar Rp644 juta,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara, Abdurahman, Rabu (29/9/2021).

Dengan jumlah tersebut, ia mengatakan bahwa kebutuhan untuk logistik‎ dalam Pilkades menyedot lebih dari separuh anggaran Pilkades. Anggaran Pilkades di tahun 2021 ini hanya sebesar Rp1,2 miliar.

“Proses pengadaan kertas suara berikut kotak suara dilakukan oleh Badan Pengadaan Barang dan Jasa. Mungkin prosesnya akan segera dimulai,” jelasnya.

Setelah proses pengadaan tersebut rampung maka kertas maupun kotak suara akan segera didistribusikan pada desa – desa yang akan menggelar Pilkades. Tanggung jawab kotak dan surat suara dipikul oleh Panitia Pilkades masing – masing.

“Panitia ini d bawah koordinasi camat, dan didukung oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Camat dan perwakilan dari calon kepala desa,” kata dia.

Di lain sisi, Kepala Subbagian Pembinaan dan Advokasi di Badan Pengadaan Barang dan Jasa Lampung Utara, Agusri Junaidi membenarkan bahwa pihaknya tengah memproses pengadaan kotak dan surat suara yang diajukan oleh DPMD. Total nilai pengadaan ‎kotak dan surat suara itu mencapai Rp644.106.900.00.

Rp644-an juta ini terbagi ke dalam dua pengadaan. Pengadaan nilainya hanya sebesar Rp79.750.000.00. Pengadaan kedua nilainya mencapai Rp564.356.900.00. Sistem pengadaan menggunakan sistem pengadaan langsung dan sistem lelang.

Proses lelangnya diperkirakan akan menghabiskan waktu satu bulan,” terangnya.

Pilkades Lampung Utara sebelumnya direncanakan akan digelar pada 9 November mendatang. Namun, karena Covid-19 terus memuncak, pelaksanaannya ditunda hingga 8 Desember mendatang. Jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades mencapai 143 desa.

  • Bagikan