Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan BKP Lamsel Kenalkan Aneka Pangan Lokal Khas Daerah

BKP Lamsel Kenalkan Aneka Pangan Lokal Khas Daerah

48
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

BANDAR LAMPUNG – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Lampung Selatan, ikut ambil bagian pada acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 tahun 2015 tingkat Provinsi Lampung yang berlangsung, di Lapangan Korpri, Pemprov Lampung, Senin (12/10).

Dalam acara tersebut, BKP Lampung Selatan mengikuti lomba cipta menu dengan menampilkan berbagai aneka panganan lokal hasil produksi kelompok PKK Kecamatan Katibung, mewakili Kabupaten Lampung Selatan.

Selain mengikuti lomba cipta menu, BKP Lamsel juga turut serta dalam ajang pameran peringatan HPS tahun 2015 yang bertemakan “Pangan Lokal sebagai Kekuatan untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”.

“Dalam ajang pameran HPS ini, kita (Lampung Selatan, red) menampilkan beberapa panganan hasil olahan pangan lokal produksi para pelaku usaha  yang telah lama dibina dan dikembangkan di Lampung Selatan seperti otak-otak, pletekan, moci pisang, wingko pisang, bakpia pisang, aneka keripik pisang, aneka keripik singkong dan sale pisang,” ujar Kepala BKP Lamsel Ir. Rini Ariasih, kepada Teraslampung.com, melalui sambungan telepon.

Rini mengungkapkan, pada peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Lampung ini juga, dilangsungkan acara penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah, dalam lomba penilaian APN tingkat Provinsi Lampung ini, dari lima kategori penilaian, Kabupaten Lampung Selatan berhasil meraih Juara I, II, dan III,” ungkapnya.

Kelima kategori yang diikutsertakan dalam penilaian lomba APN itu, lanjut Rini Ariasih, adalah kategori pemangku Ketahanan Pangan atas nama R. Mulyono, S.Pd. dari Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, kategori pembina Ketahanan Pangan atas nama  Nurhakim, S.Pd selaku Kepala Desa Purwodadi, Kecamatan Way Sulan, dan kategori pelayanan Ketahan Pangan atas nama Sri Harmini, SP dari Desa Kalirejo, Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

“Untuk juara I diraih oleh Poklahsar Pasmantab yang diketuai oleh Toha Suparman dari Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, dengan kategori Pelaku Pembangunan Ketahan Pangan industri olahan pangan, juara II diraih oleh Gapoktan Sejahtera yang diketuai saudara Karyadi dari Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas, dengan kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan produksi pangan.

Lalu  peraih juara III dengan kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan pemberdayaan masyarakat oleh KUP An-Nahl yang diketuai saudara Khoiruddin, dari Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan,” katanya.

Caption Foto: Penjabat (Pj) Bupati Lampung Selatan H. Kherlani, SE, MM, foto bersama para peraih penghargaan APN, pada acara Hari Pangan Sedunia ke-36 tingkat Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri, Pemprov Lampung, Senin (12/10).