BKP Provinsi Lakukan Verifikasi Calon Penerima APN 2014

  • Bagikan
Ir. Rini Ariasih bersama tim BKP Provinsi Lampung,

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

KALIANDA — Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Lampung, melakukan verifikasi peserta penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan, yang diusulkan oleh BKP Lamsel untuk menerima penghargaan APN Tingkat Provinsi Lampung.

Menurut Kepala BKP Lamsel Ir. Rini Ariasih, verifikasi oleh tim dari BKP Provinsi Lampung tersebut untuk menyesuaikan antara profil peserta yang telah diusulkan oleh BKP Lamsel, dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

“Intinya, tim BKP Provinsi ingin melihat kebenarannya, apakah cocok atau tidak antara data-data yang tertulis di profil dengan keadaan yang sebenarnya,” ujar Rini Ariasih, kepada Teraslampung.com, usai menerima kunjungan Tim Verifikasi BKP Provinsi Lampung, di ruang kerjanya, Kamis (21/8).

Selain ingin mencocokkan data profil, lanjut Rini, Tim Verifikasi juga ingin melihat secara langsung dilapangan, terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh calon penerima APN serta manfaatnya untuk pengembangan ketahanan pangan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Verifikasi ini untuk memasuki ketahapan seleksi bagi calon penerima APN tingkat Provinsi Lampung. Artinya, jika mereka (peserta, red) berhasil masuk dan mendapatkan penghargaan APN tingkat Provinsi, maka selanjutnya akan diikut sertakan kembali pada seleksi penerimaan APN di tingkat nasional,” terangnya.

Diungkapkannya, penghargaan APN kepada masyarakat petani, kelompok wanita tani (KWT), pelaku usaha pangan, penyuluh pertanian, serta kepala desa yang masuk dalam penilaian lomba intensifikasi pertanian ini untuk memberikan apresiasi dan motivasi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, pendapatan petani dan nelayan, dan juga dalam berusaha tani tanaman pangan, peternakan, perikanan dan perkebunan.

“Penghargaan APN 2014 ini diberikan kepada penerima sesuai dengan kategorinya masing-masing yakni kategori pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku ketahanan pangan, pelayanan ketahanan pangan dan kategori pembina ketahanan pangan,” ungkapnya.

Dia manambahkan, penghargaan ketahanan pangan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Dewan Ketahanan Pangan (DKP) secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Oleh karena itu, untuk menetapkan penerima penghargaan APN ini, tentunya terlebih dahulu dilakukan proses seleksi dan verifikasi terhadap peserta lomba sesuai dengan kategorinya masing-masing,” katanya.

  • Bagikan