BNPB Soal Dampak La Nina: Curah Hujan Tinggi, Hindari Bahaya Hidrometeorologi

  • Bagikan
Banjir bandang di wilayah Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah pada Sabtu sore (23/10/2021), sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Foto: BNPB/Istimewa

TERASLAMPUNG.COM — Badan Nasional Penanggulangan Bencana  meminta BPBD di 34 provinsi di Indonesia siap siaga menghadapi fenomena La Nina.  untuk mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi fenomena La Nina.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan yang lebih tinggi. La Nina menjadi salah satu faktor yang menyebabkan musim hujan di Indonesia terjadi, selain angin muson.

Nama La Nina diambil dari bahasa Spanyol yang berarti gadis kecil. Fenomena ini merupakan keblaikan dari fenomena El Nino yang menyebabkan panas di Indonesia.

Menurut BMKG, ketika La Nina terjadi, suhu muka laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan hingga di bawah suhu normal. Pendinginan ini berpotensi mengurangi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah.

Angin pasat (trade winds) pun  berembus lebih kencang dibanding di sepanjang Samudera Pasifik dari Amerika Selatan ke Indonesia. Hal ini menyebabkan massa air hangat terbawa ke arah Pasifik Barat. Karena massa air hangat berpindah tempat, maka air yang lebih dingin di bawah laut Pasifik akan naik ke permukaan untuk mengganti massa air hangat yang berpindah tadi. Hal ini disebut upwelling dan membuat SML turun. Itulah yang membuat curah hujan di wilayah Indonesia meningkat. Musim hujan pun akan terjadi lebih lama.

BMKG memprediksi, fenomena La Nina kali ini akan berlangsung hingga akhir 2021 bahkan bisa sampai Februari 2021. Artinya, setidaknya hingga Desember 2021 curah hujan tinggi disertai angin kencang diprediksi terus terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia. Hal itu bisa memicu bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, yang dipicu fenomena tersebut.

“Catatan historis menunjukkan bahwa La Nina tahun 2020 menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia hingga 20 persen sampai dengan 70 persen dari kondisi normalnya,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi dalam surat edaran, belum lama ini.

Prasinta mengharapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi di seluruh Indonesia  mewaspadai dan menginstruksikan BPBD di tingkat kabupaten dan kota melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan.

“Upaya dini yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan koordinasi dengan BMKG di daerah serta pemantauan secara berkala informasi iklim dan perkembangan cuaca maupun peringatan dini cuaca ekstrem. Selain itu, BPBD meningkatkan koordinasi antar dinas terkait untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan sesuai tugas pokok fungsi dan kewenangan,” katanya.

Menurut Prasinta, kesiapsiagaan tidak hanya pada sisi pemerintah atau pun aparatur di tingkat kecamatan dan desa, tetapi juga masyarakat. Prasinta menekankan perlunya dukungan BPBD untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana.

“BNPB mengharapkan BPBD melakukan sosialisasi atau menginformasikan sejak dini kepada warga untuk menjauh dari lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon mudah tumbang atau pun tepi pantai,” kata Prasinta.

Di sisi lain, ia mengharapkan BPBD untuk melibatkan masyarakat dalam pengaktifan tim siaga bencana. Tim ini bertugas, salah satunya memantau kondisi sekitar atau pun gejala awal terjadinya banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang, maupun berkoordinasi antar tim siaga di wilayah hulu dan hilir.

Prasinta mengingatkan bahwa pihaknya telah memiliki informasi kerawanan bencana di tingkat desa atau kelurahan. Informasi tersebut dapat diakses pada Katalog Desa Rawan Bencana, sedangkan pada konteks risiko, pemerintah daerah maupun masyarakat dapat melihat pada laman atau aplikasi inaRISK.

“Ini dapat membantu untuk membangun kewaspadaan dan kesiapsiagaan semua pihak di tingkat daerah,” tandasnya.

  • Bagikan